Pasar Tanah Abang Tetap Ramai meski PSBB, PKL Harus Dilatih Jualan Online

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 320 2216419 pasar-tanah-abang-tetap-ramai-meski-psbb-pkl-harus-dilatih-jualan-online-ngX3m0supS.jpg PKL Tanah Abang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh pemerintah beberapa waktu lalu membuat ruang gerak masyarakat dibatasi. Mulai dari diberlakukannya physical distancing hingga penutupan tempat umum seperti Pasar Tanah Abang.

Ditutupnya Pasar Tanah Abang sejak dua bulan lalu tentu berdampak besar bagi para pedagang.

Namun, jelang Lebaran Pasar Tanah Abang kembali ramai karena PKL nekat membuka lapaknya di trotoar Pasar Tanah Abang meski PSBB.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudistira mengatakan, salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh para pedagang maupun PKL yang terdampak adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan internet.

"Para pedagang (PKL) harus mengoptimalkan penjualan secara online. Karena hal itu adalah satu-satunya cara agar pedagang dan pembeli bisa menerapkan physical distancing," papar Bhima saat dihubungi Okezone, Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Menyikapi hal tersebut, Bhima menanggapi, pemerintah provinsi harus turun serta mengatasi masalah tersebut dan memberikan dukungan. Seperti menyuplai paket internet, memberikan pelatihan secara online, hingga memberikan keringanan kredit.

"Ini merupakan masalah physical distancing. Demi menjaga hal tersebut, sudah seharusnya pemerintah provinsi berpartisipasi mendukung kebijakan ini dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pedagang secara online," tandas Bhima.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini