nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cairkan Tunjangan Guru, Belanja Pegawai Naik Jadi Rp624 triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 09:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 21 20 2217422 cairkan-tunjangan-guru-belanja-pegawai-naik-jadi-rp624-triliun-1aJerVio2T.jpg Guru Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan realisasi belanja negara hingga akhir April 2020 mencapai Rp624 triliun. Dari angka tersebut, belanja khusus pegawai mengalami kenaikan.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, adapun total anggaran untuk belanja pegawai mencapai Rp68,2 triliun. Angka tersebut mengalami kenaikan 3,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

 Baca juga: Tak Ada Perjalanan Dinas, Belanja Negara Capai Rp624 Triliun di Tengah Covid-19

"Belanja pegawai itu Rp68,2 triliun, sekitar 26,2% terhadap APBN atau hanya tumbuh 3,2% dibandingkan dengan tahun lalu," kata Suahasil di Jakarta, Rabu (20/5/2020) malam.

Kenaikan belanja pegawai ini didorong oleh pemberian tunjangan untuk profesi guru. Tak hanya itu, naiknya belanja pegawai juga didorong oleh tunjangan tenaga pendidik non PNS.

Selain itu lanjut Suahasil, kenaikan ini juga didorong oleh semakin baiknnya penyaluran belanja pegawai. Khususnya yang ada di Kementerian Lembaga pusat.

 Baca juga: Hingga April, Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp223,8 Triliun

"Hingga saat ini alokasi anggaran untuk kebutuhan belanja pegawai di berbagai kementerian pun sudah disalurkan dengan baik, sesuai dengan kebutuhan di tiap posnya masing-masing," ucapnya.

Suahasil berharap agar penyaluran belanja pegawai bisa lebih baik lagi. Mengingat, alokasi anggaran belanja pegawai saat ini sudah bisa langsung dicairkan, ketika anggarannya sudah turun dari Kementerian Keuangan.

"Kalau kita lihat di berbagai kementerian, itu kan kita sudah ada pemantauan yang direalisasikan di beberapa kementerian, dan ini relatif baik. Harapannya ke depan semoga bisa terus dijaga, karena sebenarnya kalau soal belanja pegawai itu, biasanya kan sifatnya itu memang bisa dicairkan langsung," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini