Ini Sebab Terjadinya Penumpukan di Bandara Soekarno Hatta

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 11:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 21 320 2217450 ini-sebab-terjadinya-penumpukan-di-bandara-soekarno-hatta-GTAux7Rb9T.jpg Antrean di Bandara Soetta (Ig: Fahlevi.rezaaa)

JAKARTA - Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten dipadati calon penumpang pada 14 Mei 2020. Hal ini melanggar aturan physical distancing guna mencegah penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurut Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno Hatta, Dr Anas Ma'ruf kepadatan itu karena ada beberapa faktor. Seperti, faktor jadwal penerbangan yang berdekatan antar penumpang.

 Baca juga: Langgar PSBB, Kemenhub Sanksi Batik Air dan AP II

"Jadi pada 14 Mei kemarin itu, ada beberapa slot penerbangan yang berdekatan yang sebabkan penumpukan," ujar dia pada telekonfrensi di BNPB (21/5/2020).

Dia menjelaskan, pada 14 Mei juga jumlah penumpangnya hanya kurang lebih 1.500 orang. Artinya dengan sekarang hampir sama tapi waktu itu slot penerbangan berdekatan.

 Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Naik Pesawat

"Sekarang sudah bagus, pada tanggal 14 Mei kemarin sudah langsung dilakukan rekayasa dan 3 jam sebelum keberangkatan harus sudah ada di bandara," ungkap dia.

Dia menambahkan saat ini Bandara Soekarno Hatta sudah sudah rapi. Di mana, dilakukan berbagai penyesuaian perbaikan.

"Untuk penumpang yang akan naik pesawat itu harus ada tugas, ada keperluan mendesak dengan disertai surat-surat ketentuan yang berlaku dari pemerintah. Seperti surat kesehatan dan lain-lain," tandas dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini