nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

THR Tak Dibayar, Pekerja Dunkin Donuts Demo

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 19:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 320 2218222 thr-tak-dibayar-pekerja-dunkin-donuts-demo-XhObAtw8xq.jpg Demo Pekerja Dunkin Donuts. (Foto: Okezone.com/KSPI)

JAKARTA - Manajemen Dunkin Donuts secara sepihak tidak membayar Tunjangan Hari Raya (THR) dan upah tepat waktu. Hal ini pun membuat serikat pekerja melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Pusat Dunkin Donuts di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.

Ketua Serikat Pekerja Dunkin Donuts Adi Darmawan mengatakan, kekecewaannya atas keputusan sepihak perusahaan yang menunda pembayaran THR hingga akhir Desember 2020. Jika manajemen Dunkin Donuts mendasarkan keputusannya pada SE Menaker tentang THR, seharusnya tidak bisa sepihak tapi harus dilakukan berdasarkan kesepakatan.

Baca Juga: Menko Luhut Sebut TKA China di Konawe Hanya 8%

"Para pekerja selama ini sudah menunjukkan loyalitasnya pada perusahaan hingga Dunkin Donuts bisa tetap eksis sampai hari ini. Keuntungan yang sudah didapat oleh Dunkin Donuts selama bertahun-tahun, kenapa tidak dikeluarkan untuk membantu pekerjanya? Apalagi THR dan upah adalah hak pekerja dan menjadi kewajiban perusahaan," ujarnya.

Menurutnya, jangan ketika untung perusahaan diam saja, tapi ketika ada wabah corona, hak pekerjanya justru yang lebih dulu dikurangi.

Baca Juga: Pemerintah Tunda Kedatangan 500 TKA China ke Sulteng

Adi juga menyampaikan kekecewaan dari para pekerja Dunkin Donuts karena perusahaan secara sepihak juga telah memotong upah pekerja sebesar 50% bahkan lebih.

"Sebagai pekerja kami merasa tidak dihargai oleh perusahaan. Kami ini aset perusahaan bukan keset yang selalu jadi korban kebijakan sepihak yang tidak berpihak," tegas Adi.

Hingga berita ini diturunkan Okezone masih mengkonfirmasi pihak Dunkin Donuts untuk mengetahui kebenaran kabar tersebut.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini