nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Corona Bikin Harga Jengkol Meroket Jadi Rp50.000/Kg

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 11:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 23 320 2218466 virus-corona-bikin-harga-jengkol-meroket-jadi-rp50-000-kg-GwbQGR7s4f.jpg Harga Jengkol Jelang Lebaran Naik. (Foto: Okezone.com/Wilda)

JAKARTA - Sudah tak asing jika harga bahan-bahan pokok melambung tinggi jelang Lebaran. Seperti harga jengkol yang meningkat hingga Rp50.000 per kilogram (Kg).

Salah satu pedagang jengkol di Pasar Kebayoran Lama Agung mengungkapkan, satu kilogram jengkol seharga Rp50 ribu. Harga ini naik karena barang dari suplier langka imbas pandemi virus corona.

Baca Juga: Barang Langka, Harga Kelapa Parut Meroket Jelang Lebaran

"Jengkol sekilo Rp50.000 sekarang. Kalau hari biasa normal sih Rp35.000. Ada corona ini suplier barangnya langka. Jadi pedagang enggak boleh ambil banyak. Makanya harga pasaran jadi mahal," jelas Agung saat dimintai keterangan oleh Okezone pada Sabtu (23/5/2020).

Hal tersebut pun dibenarkan oleh pedagang lainnya yang bernama Misbah. Sesama pedagang jengkol, dia mengakui bahwa kelangkaan barang dari pihak pemasok.

Baca Juga: Abaikan Physical Distancing, H-1 Lebaran Pasar Kian Ramai

"Iya emang lagi langka. Pemasok enggak boleh kita ambil barang banyak. Tapi kalau saya jual enggak mesti sekilo. seperempat kilojuga boleh kalau mau beli dengan harga Rp15 ribu," ujar Misbah.

Seperti diketahui, penyebaran virus corona yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah mengambil langkah dengan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu membuat distribusi bahan pangan menjadi semakin sulit.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini