Kepala Bappenas: Kita Segera Masuki Kehidupan New Normal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 320 2219201 kepala-bappenas-kita-segera-masuki-kehidupan-new-normal-bJWG9naU1j.jpg Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri untuk memulai kehidupan normal di tengah pandemi virus corona atau disebut the new normal.

Dalam kondisi new normal, masyarakat wajib mengikuti kebijakan pemerintah dengan mengutamakan protokol kesehatan seperti jaga jarak, hidup bersih dan lainnya untuk mencegah tertular wabah virus corona.

Baca Juga: Bappenas Sebut Covid-19 Masuki Masa Kritis saat Lebaran, Salat Id hingga Silaturahmi

"Kita akan segera memasuki kehidupan new normal dalam masa pandemi covid ini dan saya berharap kita semua tetap tegur sapa dengan sesama anggota keluarga dan siapa saja, tapi tetap jaga jarak dan ikuti protokol kesehatan. Mudah-mudahan dengan cara baru kehidupan normal akan kembali seperti sediakala," tuturnya, dalam akun Instagram Bappenasri, Senin (25/5/2020).

Saat ini, Bappenas sedang menyusun kriteria langkah-langkah kesehatan terhadap penyebaran Covid-19, serta menentukan kebijakan penyesuaian pembatasan sosial. Langkah ini nantinya sebagai protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Baca Juga: Syarat New Normal Tetap Produktif dan Aman dari Covid-19

Berdasarkan pengalaman keberhasilan negara lain dalam menangani pandemi Covid-19, prasyarat utama yang diperlukan untuk menjamin produktivitas dan keamanan masyarakat, pertama, penggunaan data dan keilmuan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk penyesuaian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua, penyesuaian PSBB dilakukan melalui beberapa tahapan dan zona.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini