Terkena PHK, Atasi Stres dengan 4 Cara Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 320 2219273 terkena-phk-atasi-stres-dengan-4-cara-ini-njmwPQ1kmf.jpg Kena PHK (Foto: Flexjobs)

JAKARTA - Pemutusan hubungan kerja alias PHK akhir-akhir ini marak dilakukan perusahaan yang terpukul akibat pandemi Covid-19. PHK menimbulkan dampak psikologis bagi karyawan yang terkena.

Jangan terlalu lama bersedih sebab membuat otak sulit berpikir jernih. Apalagi jika pikiran-pikiran negatif terus muncul sehingga mengganggu aktivitas kita.

 PHK

Pakar Keuangan Agustina Fitria mengatakan, stres dan depresi harus segera diatasi. Sebab penyakit pikiran satu ini bisa berdampak buruk terhadap fisik jika terlalu lama dibiarkan.

Fitria memberikan cara yang sebaiknya dilakukan oleh para korban PHK guna membantu mereka keluar dari rasa sedih dan terpuruk. Adapun hal yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Bersyukur

Sudah sepatutnya manusia mensyukuri segala anugerah yang diberikan Tuhan. Walaupun saat ini tidak memiliki penghasilan tetap, tetapi rezeki manusia bukan hanya uang. Kesehatan juga merupakan rezeki yang tak ternilai harganya.

Baca juga: Akibat Covid-19, 451 Pekerja di Sulsel Kena PHK

Jika saat ini Anda mengalami PHK tapi masih diberikan kesehatan, bersyukurlah. Karena dengan badan yang sehat Anda jadi bisa mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan baru.

 Baca juga:  Ini 3 Hal yang Harus Anda Jaga Usai Di-PHK

2. Tetap Berdoa

Fitria mengatakan, berdoalah agar setiap usaha kita lakukan mendapat berkat dari Tuhan dan membawa berkah atau manfaat bagi banyak orang.

Dengan berdoa, hati akan menjadi lebih tenang sehingga Anda bisa berpikir positif saat mengambil keputusan.

3. Berpikir Jangka Pendek

Setelah berduka karena mengalami PHK, ada baiknya Anda jangan langsung memikirkan kehidupan jangka panjang. Hal ini justru membuat Anda tambah stres dan depresi.

Fitria mengatakan, ada baiknya Anda berfikir jangka pendek terlebih dahulu. Lakukan yang bisa Anda kerjakan secara bertahap.

4. Ajak pasangan untuk bekerja Sama

Jika Anda sudah memiliki suami atau istri, lakukan komunikasi secara serius dan bertahap untuk mengatur strategi guna mencari penghasilan baru. Bekerja sama tentunya akan lebih mudah dibanding berusaha sendiri-sendiri.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini