Menko Luhut Terus Koordinasi soal Relokasi Industri AS ke Indonesia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 15:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 320 2219321 menko-luhur-terus-koordinasi-soal-relokasi-industri-as-ke-indonesia-w0CFtE4V0J.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku masih terus berkomunikasi dengan Pemerintah Amerika Serikat (AS) perihal relokasi industri AS ke Indonesia.

"Saya atas perintah Presiden terus komunikasi dengan White House soal relokasi beberapa industri yang dia (AS) pingin masuk ke Indonesia," tuturnya, dalam acara Bincang Khusus, Senin (25/5/2020).

Baca Juga: Brebes Disiapkan Tampung Relokasi Industri AS dari China

Luhut menjelaskan, rencana ini merupakan salah satu hasil pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan Presiden AS Donald Trump. Di mana, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia kesulitan mendapat alat kesehatan di tengah pandemi, sehingga akhirnya memutuskan mengembangkan produk-produk kesehatan di dalam negeri.

"Nah Presiden tawarkan itu ke sana (AS). Kita sebagai pembantu Presiden siapkan relokasi beberapa industri yang dia pengen masuk ke Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: 1,6 Miliar Pekerja Informal di Dunia Terdampak Covid-19

Sebelumnya, Luhut menyatakan siap menerima industri China yang merelokasi usahanya dari Amerika Serikat (AS).

Menko Luhut pun tengah menyiapkan sejumlah titik lokasi untuk industri-industri tersebut. Industri farmasi adalah salah satu yang dilirik Indonesia, meskipun tetap membuka diri pada industri lainnya.

“Kami sudah siapkan tempat di Jawa Tengah, tepatnya di Brebes,” ujar Luhut.

“Tapi ada pemikiran untuk menyediakan tempat lain, tergantung industrinya. Jika farmasi, kita siapkan di Brebes, Jawa Tengah,” tambah dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini