Kantor Mau Buka Lagi, Perusahaan Harus Edukasi Pekerja soal Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 15:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 320 2219322 kantor-mau-buka-lagi-perusahaan-harus-edukasi-pekerja-soal-covid-19-Znu7QXU3wf.jpg Kantor buka lagi (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga sekarang. Ini membuat banyak perusahaan tutup karena tak sanggup menghadapi badai pandemi ini.

Agar roda perekonomian tetap berjalan dan tidak ada pemutusan kerja massal akibat perusahaan bangkrut, maka perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19.

Oleh karena itu, pemerintah akan mengizinkan perusahaan, bisnis, perkantoran buka lagi di era new normal.

 kantor

Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Seperti dilansir dari Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Senin (25/5/2020), salah satu panduan mencegah penularan Covid-19 di tempat kerja adalah memberikan edukasi kepada pekerja soal Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Keluarkan Panduan New Normal Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja

Edukasi dilakukan secara intensif kepada seluruh pekerja dan keluarga agar memberikan pemahaman yang benar terkait masalah pandemi Covid-19, sehingga pekerja mendapatkan pengetahuan untuk secara mandiri melakukan tindakan preventif dan promotif guna mencegah penularan penyakit, serta mengurangi kecemasan berlebihan akibat informasi tidak benar.

 Baca juga: Aturan Kerja New Normal, Jarak Antar-pekerja Minimal 1 Meter

Materi edukasi yang dapat diberikan kepada pekerja antara lain:

1. Penyebab COVID-19 dan cara pencegahannya

2. Mengenali gejala awal penyakit dan tindakan yang harus dilakukan saat gejala timbul.

3. Praktek perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti praktek mencuci tangan yang benar, etika batuk

5. Alur pelaporan dan pemeriksaan bila didapatkan kecurigaan

6. Metode edukasi dapat dilakukan dengan pemasangan banner, pamflet, majalah dinding di area strategis yang mudah dilihat setiap pekerja seperti di pintu masuk. Seperti di area makan, kantin, area istirahat, tangga serta media audio dan video yang disiarkan secara berulang. SMS atau whats up blast ke semua pekerja secara berkala untuk mengingatkan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini