Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Kerja, Ini Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 16:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 320 2219329 cegah-penularan-covid-19-di-tempat-kerja-ini-caranya-y60Uq3kgOt.jpg Kantor buka lagi (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 terus berlangsung di Indonesia. Namun roda ekonomi harus terus berjalan supaya masyarakat tetap memiliki pendapatan.

Oleh karena itu, pemerintah akan mengizinkan perusahaan, bisnis, perkantoran buka lagi di era new normal.

 kantor

Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Seperti dilansir dari Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Senin (25/5/2020), ini cara mencegah penularan Covid-19 di tempat kerja.

1. Pihak manajemen perusahaan agar senantiasa memantau dan memperbaharui perkembangan informasi tentang COVID19 di wilayahnya.

 Baca juga: Ekonomi Bangkit dari Corona, Pengusaha: Dorong Konsumsi Masyarakat

2. Perlu pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja yang terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas kesehatan yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan tempat kerja.

 Baca juga: Kantor Mau Buka Lagi, Perusahaan Harus Edukasi Pekerja soal Covid-19

3. Pimpinan atau pemberi kerja memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai Covid-19 dengan gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak nafas untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan.

4. Tidak memperlakukan kasus positif sebagai suatu stigma.

 5. Pengaturan bekerja dari rumah alias work from home

 Menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini