PNS Kerja di Kantor Lagi, Menko Airlangga: demi Pemulihan Ekonomi

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 320 2219582 pns-kerja-di-kantor-lagi-menko-airlangga-demi-pemulihan-ekonomi-a2hX8YbZMn.jpeg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan PNS Kemenko Perekonomian akan memulai kembali untuk beraktivitas di kantor atau Work From Office (WFO). Airlangga meminta jajarannya untuk bersiap menjalani aktivitas pekerjaan kembali secara terbatas. Hal itu dilakukan dengan syarat melakukan protokol kesehatan secara ketat.

"Pada tanggal 27 Mei, Kemenko Perekonomian berencana akan mengambil inisiatif untuk Work From Office secara terbatas. Dan, tentunya, kita harus menunjukkan protokol kesehatan yang diterapkan di dalam mekanisme kerja Work From Home tersebut," ungkapnya, dikutip Selasa (26/5/2020).

Baca Juga: Mulai Besok 50% PNS Kemenko Perekonomian Kerja di Kantor

Airlangga menegaskan, tugas dan tantangan sektor perekonomian akan jauh lebih berat. Hal itu disebabkan harus menyosialisasikan dan mendorong kehidupan normal baru untuk menggerakkan kembali ekonomi nasional yang sempat menurun akibat pandemi sekaligus tetap fokus memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Tugas pemerintah di sektor ekonomi adalah menjaga pertumbuhan, agar 7 juta tenaga kerja yang sebelumnya belum bisa bekerja, ditambah lagi 2 juta yang terdampak Covid-19, saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan. Dalam situasi seperti inilah kita berharap bahwa kesempatan bekerja bisa ditimbulkan lagi, agar semangat untuk membangun perekonomian di tiap-tiap keluarga Indonesia bisa tumbuh kembali. Dan pada akhirnya tentu kita berharap dengan pemulihan ekonomi bisa membawa bangsa kita keluar dari kurva penurunan ekonomi," tegas Airlangga.

Baca Juga: Apindo: Perlunya Gugus Tugas untuk Bangkitkan Ekonomi RI

Untuk diketahui, Indonesia akan segera memasuki era new normal. Sebagian perkantoran dan kementerian akan mulai menerapkan bekerja di kantor kembali. Untuk itu, masyarakat diminta bersiap dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan.

dalam kondisi new normal, masyarakat wajib mengikuti kebijakan pemerintah dengan mengutamakan protokol kesehatan seperti jaga jarak, hidup bersih dan lainnya untuk mencegah tertular wabah virus corona.

Berdasarkan pengalaman keberhasilan negara lain dalam menangani pandemi Covid-19, prasyarat utama yang diperlukan untuk menjamin produktivitas dan keamanan masyarakat, pertama, penggunaan data dan keilmuan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk penyesuaian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua, penyesuaian PSBB dilakukan melalui beberapa tahapan dan zona.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini