Harga Gula Masih Mahal, Ini Biang Keroknya

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 21:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 320 2220316 harga-gula-masih-mahal-ini-biang-keroknya-5fq7UGBrJG.jpg Gula (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, kurangnya pasokan gula kristal putih pada saat ini terutama disebabkan oleh tiga faktor. Pertama produksi gula dalam negeri tahun 2019 yang tidak sesuai dengan perkiraan.

“Akibatnya hasil produksi dalam negeri yang seharusnya cukup sampai Maret 2020 ternyata hanya cukup sampai Februari 2020. Hal ini ditandai dengan mulai naiknya harga gula di tingkat konsumen,” kata dia dilansir dari laman Kemendag, Rabu (27/5/2020).

 Baca juga: Mendag Ungkap 2 Penyebab Harga Gula Bisa Rp20.000/Kg

Kedua, bergesernya musim giling tebu yang umumnya dimulai April mundur menjadi akhir Juni dan kemungkinan adanya penurunan produksi gula dalam negeri akibat perubahan iklim.

Ketiga, belum maksimalnya realisasi impor oleh pabrik gula berbasis tebu rakyat yang mendapat izin impor karena terjadinya pandemi COVID-19 di beberapa negara asal impor seperti India, Thailand dan Australia.

“Negara-negara tersebut menerapkan lockdown dalam menekan penyebaran corona sehingga mengakibatkan terhambatnya logistik dan transportasi kapal pengangkut serta adanya pengalihan negara asal impor ke negara lain yang dilakukan oleh importir seperti ke Brazil dan beberapa negara di Afrika dengan konsekuensi waktu tempuh untuk importasi yang lebih lama,” jelas Dirjen Daglu.

Baca juga: Harga Gula Masih Mahal, Mendag Gelar Operasi Pasar di Bekasi

Kondisi tersebut telah menyebabkan terjadinya pergeseran pemasukan impor gula kristal mentah sebagai bahan baku gula kristal putih yang semula diperkirakan pada Maret dan April 2020. Kenyataannya kegiatan importasi baru mulai masuk secara bertahap pada April sampai dengan Juni 2020.

“Hal ini memberikan dampak langsung terhadap pemenuhan gula kristal putih sehingga mengurangi pasokan kepada masyarakat pada bulan-bulan tersebut,” terangnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini