Gubernur BI Pede Aliran Modal Asing Masuk ke SBN Semakin Deras

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 320 2221045 gubernur-bi-pede-aliran-modal-asing-masuk-ke-sbn-semakin-deras-QxOezGw2t5.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Youtube BI)

JAKARTA - Aliran modal asing yang masuk (capital inflow) ke Surat Berharga Negara (SBN) akan semakin menarik ke depannya. Hal ini dikarenakan yield SBN 10 tahun di pasar sekunder terus alami penurunan.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, penurunan yield SBN 10 tahun tersebut sejalan dengan terus tumbuhnya kepercayaan terhadap perekonomian Indonesia. Dirinya mengatakan, saat awal April dan minggu kedua April yield SBN mencapai 8%, tapi pada 15 Mei turun 7,76% bahkan 26 Mei mencapai 7,22%.

 Baca juga: Kepanikan Mereda, Modal Asing Masuk ke SBN Naik Jadi Rp6,15 Triliun

"(Yield) terus alami penurunan sebab meredanya kepanikan global, masih menariknya imbal hasil Indonesia. Inflow membawa yeild menurun," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Dirinya mengatakan, perbedaan suku bunga dalam dan luar negeri diukur dari yield SBN 10 tahun Indonesia dan Obligasi Amerika 10 tahun yang berkisar 6,7%. Di mana, Indonesia masih dan bahkan lebih menarik dibandingkan sejumlah negara lainnya.

"Jadi inya Allah akan bawa inflow masuk ke depan," ujar Perry.

 Baca juga: Lelang SBN Capai Rp16,6 Triliun, Perry Warjiyo: Rp2,3 Triliun dari Bank Indonesia

Sebelumnya, Aliran modal asing dalam bentuk portofolio yang masuk ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan kepanikan global mulai mereda imbas wabah virus Corona atau Covid-19.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, aliran masuk (inflow) modal asing ke Indonesia dalam bentuk portofolio Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp6,15 triliun di minggu kedua Mei. Dibandingkan minggu pertama Mei yang mencapai Rp2,97 trilun, inflow ke SBN tersebut mengalami kenaikan.

"Ini membuktikan bahwa dengan meredanya kepanikan global dan langkah penanganan covid di Indonesia inflow di SBN mengalami peningkatan," ujarnya.

(rzy.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini