Sempat Diduga Ilegal, Satgas Waspada Investasi Normalisasikan 35 Koperasi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 10:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 31 320 2222308 sempat-diduga-ilegal-satgas-waspada-investasi-normalisasikan-35-koperasi-V4n2AjWYcS.jpg Rupiah (Reuters)

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi sempat menemukan 50 aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) ilegal. Pasalnya, ada pembaruan dan perbaikan akan data koperasi tersebut.

Secara khusus Satgas Waspada Investasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM sepakat melakukan normalisasi pada tahap pertama terhadap 35 Koperasi sebagaimana daftar terlampir.

 Baca juga: Temukan Praktik Koperasi Ilegal? Segera Laporkan ke Sini!

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan, Berdasarkan hasil Koordinasi Satgas Waspada Investasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM mengenai Koperasi yang diduga melakukan penyimpangan sebagaimana rilis Satgas Waspada Investasi tanggal 22 Mei 2020 maka disepakati beberapa hasil.

"Kementerian Koperasi dan UKM Bersama Satgas Waspada Investasi sepakat untuk melakukan pembaruan dan perbaikan terhadap siaran pers Satgas Waspada Investasi tanggal 22 Mei 2020," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (31/5/2020).

 Baca juga: Kegiatan Usaha Koperasi Simpan Pinjam Dilarang Gunakan Aplikasi

Kementerian Koperasi dan UKM Bersama Satgas Waspada Investasi akan melakukan review secara menyeluruh dan mengambil tiga langkah. Adapun 3 langkah tersebut adalah:

1. Melakukan penindakan terhadap Koperasi yang terbukti melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;

2. Memberikan pembinaan terhadap Koperasi yang masih melakukan kegiatan yang belum sesuai dengan jati diri dan prinsip koperasi;

3. Melakukan normalisasi/rehabilitasi terhadap Koperasi yang tidak melakukan praktek pinjaman online di luar anggota dan memiliki legalitas badan hukum dan ijin usaha simpan pinjam sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini