Hadapi New Normal, Kadin Minta Masyarakat Jangan Kumpul-Kumpul Dulu

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 320 2223158 hadapi-new-normal-kadin-minta-masyarakat-jangan-kumpul-kumpul-dulu-OK3Q0Y7otv.jpg Orang berkumpul (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Wakil Komite Tetap Industri Hulu dan Petrokimia Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Achmad Widjaja mengatakan, hadirnya new normal menimbulkan optimisme baru. Sebelumnya, industri sempat melambat akibat pandemi virus corona yang melanda dunia dan Tanah Air.

Menurut Achmad, dalam menghadapi new normal membutuhkan konsistensi dari pemerintah untuk memastikan protokol kesehatan bisa berjalan dengan ketat. Sementara masyarakat juga harus disiplin mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, khususnya untuk himbauan jangan berkumpul.

 persiapan pembukaan mal

Achmad menyadari perilaku orang Indonesia tidak terlepas dari bersosialisasi alias berkumpul. Oleh karena itu, ketika istirahat makan siang atau kerja, biasanya yang dilakukan para pekerja di Indonesia adalah berkumpul bersama.

 Baca juga: PNS Terapkan Sistem Kerja New Normal Mulai 5 Juni

Budaya Indonesia itu memang suka kumpul-kumpul dan berbagi cerita. Namun di tengan pandemi Covid-19, ini jangan dilakukan dulu.

 Baca juga: Alasan Mal Harus Dibuka, Ancaman PHK hingga Hidupkan Perekonomian

"Pengusaha mengharapkan pemerintah harus konsisten dan pemerintah harus siap menegakkan protokol kesehatan, kuncinya ada di pemerintah," kata Achmad.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini