Share

Australia Resesi, Pertama Kali dalam 3 Dekade

Taufik Fajar, Okezone · Kamis 04 Juni 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 320 2224374 australia-resesi-pertama-kali-dalam-3-dekade-9TLn2S4n1R.jpg Australia resesi (Foto: ABC)

JAKARTA - Ekonomi Australia mengalami resesi untuk pertama kalinya sejak hampir tiga dekade. Australia mengalami resesi ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19.

Menurut Biro Statistik Australia, ekonomi negara itu menyusut 0,3% dalam tiga bulan pertama tahun ini dari kuartal sebelumnya.

Bendahara Federal Josh Frydenberg memperingatkan, Produk Domestik Bruto (PDB) akan menyusut pada periode April-Juni. Ini menandai kuartal kedua kontraksi berturut-turut untuk Australia.

 Australia

Lockdown guna mencegah penyebaran Covid-19 berdampak besar kepada berakhirnya pertumbuhan ekonomi selama 29 tahun di Australia.

Baca juga:  Jurnalisnya Diserang Polisi saat Liput Demonstrasi di Washington, Australia Gelar Penyelidikan

Seperti dilansir dari CNN Business, Kamis (4/6/2020), China juga semakin menguasai komoditas, seperti bijih besi dan batubara. Bahkan China menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Meskipun Australia mengalami resesi, terang Frydenberg, mengatakan Australia telah berjuang untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan menumbuhkan ekonomi dengan memberikan stimulus ekonomi.

Baca juga: Polisi Australia Penendang Pemuda Aborigin Mengaku Sedang Alami Hari yang Buruk

Ekonom untuk Australia & Selandia Baru di Capital Economics, Ben Udy mengatakan, PDB Australia kemungkinan akan turun sebesar 9% pada kuartal kedua.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"PDB sudah turun sebelum diberlakukan physical distancing akibat pandemi Covid-19. Namun diperkirakan PDB akan turun lebih tajam pada kuartal kedua," terang Ben Udy.

Menurut Ben Udy, turunnya PDB selama kuartal pertama terutama karena konsumen mengurangi pengeluaran untuk layanan saat mereka mulai melakukan physical distancing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini