Anies Siap Tutup Kembali Mal Jika Coba-Coba Langgar PSBB Masa Transisi

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 04 320 2224626 langgar-psbb-masa-transisi-anies-akan-tutup-mal-crhpIPNcqo.jpg Anies Baswedan (Okezone)

JAKARTA - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan memasuki masa transisi mulai besok. Di mana, akan ada pelonggaran terbatas yang akan dilakukan, seperti di pusat perbelanjaan dan mal.

Namun, bagaimana bila tidak patuh aturan?

 Baca juga: Ini 3 Aspek yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuka Mal Kembali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kapasitas pusat perbelanjaan atau mal akan diberikan kapasitas hingga 50%. Jika sudah mencapai kapasitas 50% harus menutup pintu masuknya.

"Tidak boleh menambah pengunjung. bila mereka melanggar maka kami akan tegur dua kali, kalau melanggar lagi akan kami tutup pusat pertokoan tersebut," ujar Anies di iNews, Jakarta, Kamis (4/6/2020).

 Baca juga: Mal Batal Dibuka Besok, Pengusaha: Kami Dukung Kebijakan Pemerintah

Oleh sebab itu, dirinya meminta agar masyarakat untuk turut mengawasi akan pergerakan pusat perbelanjaan hingga mal. Hal ini agar dapat menjaga kesehatan yang aman di DKI Jakarta.

"Prioritas kesehatan kita adalah tanggung jawab kita satu sama lain," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengizinkan pembukaan pusat perbelanjaan atau mal pada 15 Juni 2020. Namun, kapasitas pengunjungnya hanya 50%.

Pembukaan mal ini sesuai jadwal transisi fase I DKI Jakarta. Namun, pembukaan transisi fasi I ini tidak berlaku bagi RW yang masih bercap zona merah.

Memang pembukaan ini tidak sesuai skenario awal pada 5 Juni dan 8 Juni 2020. Sebelum mengizinkan mal dibuka pada 15 Juni 2020, Anies sempat bilang bahwa pembukaan mal pada 5 Juni adalah imajinasi dan fiksi.

"Kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni, mal buka tanggal 7, itu imajinasi. Itu fiksi karena belum ada aturan manapun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies, Selasa 26 Mei 2020. (rzy)

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini