Pilot Kontrak Kena PHK, Bos Garuda: Gaji Tetap Dibayar

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 320 2224969 pilot-kontrak-kena-phk-bos-garuda-gaji-tetap-dibayar-AahCKmh7pm.JPG Garuda Indonesia (Foto: Ilustasi Okezone)

JAKARTA - Garuda Indonesia kembali buka suara terkait kabar Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan kepada beberapa pilot kontrak. Pasalnya kabar ini sudah sudah menjadi perbincangan publik.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, yang dilakukan perusahaan adalah mempercepat perjanjian kepada para pegawai kontrak. Namun maskapai tetap membayar gaji kepada pilot kontrak tersebut sesuai dengan perjanjian.

Baca Juga: Bos Garuda Akui Biaya Penerbangan Lebih Mahal karena PCR Test

"Yang kita lakukan adalah percepatan perjanjian kontrak kita dengan pegawai yang statusnya kontrak. Kita tetap bayar gaji mereka," ujarnya dalam telekonferensi, Jumat (5/6/2020).

Menurut Irfan, pembayaran gaji ini nantinya akan dipercepat. Tujuannya adalah agar maskapai bisa melakukan efisiensi lebih cepat di tengah pandemi virus Corona.

Baca Juga: Garuda Kehilangan 10% Pendapatan karena Haji Dibatalkan

"Tapi kita percepat pembayarannya sehingga bisa terjadi efisiensi. Kami pastikan hak hak karyawan dan pilot kami jalankan apapun yang tercantum sesuai dengan kita janjikan," jelasnya.

 

Menurut Irfan, maskapai tidak akan melakukan aksi PHK susulan kepada para pegawai dan pilot. Hal ini sekaligus membantah kabar yang beredar akan ada gelombang PHK Pilot lagi yang dilakukan Garuda Indonesia.

"Ini ada pesan bahwa akan ada ratusan pilot lagi yang akan di PHK itu tidak benar," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini