Mal Dibuka Besok, Aprindo: Kalau Toko Padat Harus Antre

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 14 Juni 2020 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 14 320 2229715 mal-dibuka-besok-aprindo-kalau-toko-padat-harus-antre-K3lshk4Ozy.jpeg Toko Ritel Zara (Foto: Bloomberg)

JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), telah melakukan simulasi pembukaan mal pada 15 Juni 2020. Sesuai jadwal PSBB transisi fase I yang diumumkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta akan dibuka besok. Jam operasional pun terbatas dari pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey simulasi yang sudah dilakukan antara lain para karyawan dicek suhu tubuh, mencuci tangan sesering mungkin, memastikan kesehatan tubuh, dan memakai alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.

Baca Juga: Masuk Mal Akan Gunakan Sistem QR Code? Pengusaha: Silakan Saja

"Kami mempersiapkan kebersihan dan higienitas pada peralatan toko, peralatan penunjang konsumen seperti troli yang harus disemprot disinfektan," ujar dia pada IDX Channel, dikutip Minggu (14/6/2020).

Di sisi lain, pihaknya melatih tenaga keamanan toko untuk mengantisipasi dan mengatur konsumen yang masuk ke dalam toko. Konsumen dipastikan akan dicek suhu tubuhnya, serta tertib dalam antrean jika terjadi kepadatan.

 

"Akan diperhitungkan juga jumlah konsumen dan kepadatan di dalam toko. Jika sudah padat, akan dibuat antrean untuk masuk toko, agar memastikan toko itu tidak terlalu berkerumun," jelas dia.

Tidak lupa, pengunjung yang sudah masuk ke dalam toko dan pusat perbelanjaan akan diwajibkan mengatur jarak minimal 1,5 meter. "Baik saat berada dalam toko maupun saat melakukan pembayaran," ungkap dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini