Share

Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Mudah Dilakukan

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 21 Juni 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 320 2233768 peluang-usaha-modal-kecil-untung-besar-yang-mudah-dilakukan-HfmF0lVHnh.jpg Sembako (Okezone)

JAKARTA - Di masa pandemi virus Corona atau Covid-19 ini, banyak masyarakat banting stir atau mencari penghasilan tambahan dari berusaha. Namun, tak sedikit pula yang terganjal dengan modal.

Sebagian orang mungkin hanya bermodal sekira Rp2,5 juta hingga Rp3 juta dari sisa penghasilannya. Namun, tak perlu diambil pusing, semuanya pasti ada jalan jika ingin memulai berbisnis.

 Baca juga: Inspirasi Usaha bermodal Rp1 Juta, Pilih Buka Kios Minuman Cup atau Gado-Gado?

Contohnya saja, usaha toko kelontong. Mengutip buku 'Untung Berlipat Modal 1 Juta', Jakarta, Senin (21/6/2020), membuka usaha jenis ini, diperkirakan membutuhkan modal sekira Rp 2,3 juta.

Perhitungannya, pebisnis akan balik modal dalam waktu kurang lebih satu bulan. Bisnis ini akan menghasilkan keuntungan per bulannya sebesar Rp 2,4 juta.

 Baca juga: Tinggal di Sleman, Bai Populo Bikin Kerajaan Bisnis Baru

Saat akan membuka toko kelontong, kamu harus memilih lokasi yang ramai. Baik di permukiman atau di pasar, yang terjangkau oleh pembeli.

Setelah itu, ukurlah ruangan dengan cermat. Hal ini supaya toko kamu bisa banyak menaruh barang namun tidak terlihat sempit.

Etalase merupakan tempat display barang yang efektif. Jika dana terbatas, cukup sediakan satu etalase saja, sisanya buat rak kayu atau besi untuk dilekatkan di bagian dinding yang kosong.

 Baca juga: Terdampak Covid-19, Pengusaha Tas Ini Ganti Haluan Produksi Face Shield

Toko kelontong identik dengan penyediaan sembako, maka siapkan satu set timbangan dan kalkulator untuk menghitung. Lalu, kamu juga harus menyiapkan uang pecahan uang receh untuk kembalian.

Jika kamu memutuskan untuk membuka toko di daerah permukiman, perhatikan baik-baik kebutuhan masyarakat sekitar. Utamakan menjual barang-barang kebutuhan pokok yang perputarannya cepat seperti beras, mie instan, telur, gula, minyak, shampo, sabun dan rokok.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini