Share

Sederet Masalah yang Dihadapi UMKM Akibat Corona

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 320 2235411 sederet-masalah-yang-dihadapi-umkm-akibat-corona-b3fQLD5Drv.jpg Pelaku UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan beberapa permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM akibat dari pandemi Covid-19.

“Masalah utama yang dihadapi UMKM adalah pemasaran 35%, permintaan 34%. Dan dengan adanya online akan banyak sekali yang terperbaiki. Apa yang paling kena? Industri makanan dan industri kreatif yang paling terdampak,” kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga: Menko Luhut: Selamatkan Ekonomi dengan Beli Produk Dalam Negeri 

Disebutkan bahwa dari total keseluruhan onboarding unit UMKM, hanya 14,3% berasal dari luar Pulau Jawa. Oleh karena itu disebutkan bahwa perlu strategi untuk meningkatkan unit UMKM onboarding dari luar Pulau Jawa.

“Semenjak 14 Mei 2020, tercapai penambahan lebih dari setengah juta unit UMKM yang masuk dalam ekosistem digital. UMKM yang masuk dalam ekosistem digital mengalami peningkatan penjualan berkali lipat hingga lebih dari 2.000%. Jadi untuk Bapak Gubernur dan semuanya, perlu memberikan perhatian lebih dan harus aktif menjaring lebih banyak lagi unit UMKM, karena ini tentu akan menguntungkan masyarakat kita,” tambah Menko Luhut.

Baca Juga: Tren Belanja Online Naik 30%, Pelaku Usaha Banyak Jual Masker hingga Face Shield 

Dia berharap kepada Pemerintah Daerah agar dapat menjadi akselerator transformasi digital untuk memperluas akses pasar dan sarana peningkatan penjualan produk dan jasa UMKM.

Adapun kunci sukses dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini adalah dengan bergotong-royong.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini