Tambahan Anggaran Rp10 Triliun untuk Kartu Prakerja Belum Cair

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 320 2237378 tambahan-anggaran-rp10-triliun-untuk-kartu-prakerja-belum-cair-aberIVxbZr.jpeg Uang Rupiah. Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah menganggarkan Rp20 triliun untuk program kartu prakerja pada tahun ini. Angka ini naik dua kali lipat dibandingkan anggaran awal kartu prakerja yang hanya Rp10 triliun saja.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan memang ada Rp20 triliun yang disiapkan pemerintah. Namun, sisa Rp10 triliun masih belum dicairkan.

"Kita sampai saat ini masih jalan dengan Rp10 triliun," ujarnya dalam diskusi virtual, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga: 51 Ribu Peserta Kartu Pra Kerja Sudah Nikmati Dana Rp600.000/Bulan

Menurut Panji, anggaran Rp20 triliun itu pun tidak semuanya digunakan untuk pelatihan. Akan tetapi, anggaran itu nantinya juga akan digunakan untuk memberikan insentif kepada para peserta.

Seperti diketahui, pemerintah memberikan insentif sebesar Rp3.550.000 kepada setiap peserta pra-kerja. Dari jumlah tersebut, nantinya para peserta akan mendapatkan uang saku sebesar Rp600.000 per bulan yang akan ditransfer selama 4 bulan ke depan.

Namun untuk mencairkan dana tersebut, harus ada beberapa persyaratan. Salah satunya adalah harus mengikuti seluruh rangkaian dari pelatihan yang disediakan di platform.

Baca Juga: Kritik Kartu Prakerja dengan Prakerja.org, Ini Reaksi Pemerintah

"Rp20 triliun tidak semua untuk pelatihan tapi juga masih insentif," ucapnya.

Menurut Panji, alasan pemerintah untuk memberikan insentif adalah karena program ini berubah fungsi menjadi program semi bansos akibat pandemi virus corona. Mengingat, akibat pandemi ini, banyak sekali pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Perannya ada dua. Membawa misi kemanusiaan. Yang bisa digunakan meringankan biaya hidup untuk meningkatkan keterampilan saat pekerjaan tidak ada," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini