Di Depan DPR, Sri Mulyani Akui Aturan Bank Jangkar Terlalu Rumit

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 18:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 320 2238361 di-depan-dpr-sri-mulyani-akui-aturan-bank-jangkar-terlalu-rumit-xw4CAQhLJg.jpg Sri Mulyani (Foto: Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan aturan dana pemerintah pada bank peserta atau bank jangkar terbilang rumit. Hal itu dikarenakan, banyak syarat yang harus dipenuhi perbankan untuk dapat menerima dana dari pemerintah.

Seperti diketahui, penempatan dana di bank jangkar ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 64/PMK.05/2020 tentang Penempatan Dana pada Bank Peserta dalam Rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Di mana aturan tersebut diteken Sri Mulyani pada 5 Juni 2020 lalu.

"(Untuk) PMK 64 ini prosedurnya agak rumit. Dan kriteria sulit dipenuhi," ujar dia dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI Jakarta, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Lagi Rapat, Wakil Ketua Komisi VII Umumkan 10 Orang Positif Covid-19 di DPR 

Dia menjelaskan apabila pemerintah tak mengeluarkan aturan baru soal penempatan dana di bank mitra, rencana untuk menempatkan dana di perbankan belum akan terealisasi sampai sekarang.

Kemudian, lanjut dia, pemerintah perlu mendorong penyaluran kredit ke sektor riil secepatnya untuk memperbaiki kondisi ekonomi pasca dihantam pandemi Covid-19.

"PMK 70 ini untuk mendorong sektor riil, untuk menyalurkan kredit. Pak Presiden Jokowi katakan untuk dipercepat," ungkap dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini