Protokoler Kesehatan Naik Ojol, 2 Hal Wajib yang Perlu Dipatuhi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 320 2238402 protokoler-kesehatan-naik-ojol-2-hal-wajib-yang-perlu-dipatuhi-BBoFSyAK2N.jpg Ojek Online (Okezone)

JAKARTA - Ojek online (Ojol) saat ini sudah mulai beroperasi usai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Namun, perlu ada yang harus diterapkan baik penumpang maupun drivernya.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2020. Kementerian Perhubungan telah membuat pedoman dan petunjuk teknis soal operasional ojol.

 Baca juga: Tenang, Ini Cara Aman Naik Ojol dan Taksi Online selama New Normal

Salah satu poin dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa pengemudi dan penumpang agar menerapkan physical distancing (jaga jarak fisik). Perusahaan aplikasi pun diminta untuk menyediakan penyekat antara pengemudi dan penumpang.

elain itu, penumpang disarankan untuk membawa helm sendiri dan mematuhi protokol kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menaiki ojol. Sebab pemerintah telah mengatur operasional ojol untuk mengangkut penumpang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi penumpang.

 Baca juga: New Normal, Ojol Wajib Pakai Penyekat

Mengutip instagram Kemenhub, Jakarta, Senin (29/6/2020), berikut yang harus kamu perhatikan saat menaiki Ojol:

1. Kelengkapan Penumpang

Saat beradaptasi ke new normal, penumpang diwajibkan untuk membawa helm sendiri. Selain itu, masker selalu digunakan baik selama berkendaraan dan beraktivitas.

2. Kelengkapan Pengemudi

Pengemudi pun juga diatur dalam surat edaran tersebut. Pertama, pengemudi diharuskan memakai masker dan sarung tangan.

Penggunaan jaket lengan panjang pun menjadi kewajiban bagi pengemudi. Sediakan juga hand sanitizer untuk pengemudi karena seringnya berinteraksi dengan banyak orang.

Terakhir, pihak operator juga harus menyediakan penyekat antara pengemudi dan penumpang. Hal ini agar membuat penyebaran Covid-19 tertahan.

Nah, untuk itu, para pengguna dan pengemudi Ojol harus patuh dengan aturan tersebut. Hal ini agar dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini