BEI Bakal Keluarkan Dua Indeks Baru, Apa Saja?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 21:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 278 2239135 bei-bakal-keluarkan-dua-indeks-baru-apa-saja-qoFDlyIbQm.jpg Pasar Modal (Shutterstock)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal meluncurkan dua indeks baru pada semester II-2020. Kedua indeks tersebut masing-masing bernama IDX Quality 30 Indeks dan IDX ESG 30.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, indeks baru ini nantinya akan diluncurkan paling lambat pada Agustus mendatang. Nantinya, IDX Quality 30 Indeks yang akan dirilis kepada publik.

“Indeks baru yang akan kita luncurkan paling lambat di Agustus nanti,” ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (30/6/2020).

 Baca juga: Daftar Lengkap Dewan Komisaris BEI 2020-2023

Menurut Hasan, pihaknya sudah melakukan hearing dan menerima masukan dari kalangan Manager Investasi terkait IDX Quality 30 Indeks. Hal tersebut bahkan sudah direspons positif oleh pihak manager investasi.

“Tanggapannya cukup baik. Karena kita juga dari back testing ya Terutama saat simulasi data 5 tahun ke belakang, performance indeks ini juga outperform dari indeks-indeks headline kita yang utama, seperti IDX30, juga indeks yang baru kita luncurkan kemarin seperti IDX Value dan IDX Growth,” jelasnya.

Hasan menjelaskan, IDX Quality 30 Indeks memiliki tingkat value investing yang bagus dilihat dari rasio-rasio kelayakan fundamentalnya. Indeks ini akan berisi 30 anggota konstituen yang disaring dari emiten-emiten yang terdapat dalam daftar indeks IDX80.

 Baca juga: Daftar Calon Komisaris Baru di BEI, Bidik Startup Jadi Emiten

Dari ke-80 perusahaan tercatat penghuni IDX80 selanjutnya akan disaring lagi menjadi 30 perusahaan mengacu pada variable-variabel kualitas fundamentalnya. Adapun variable-variabel fundmental yang menjadi acuan dalam pemilihan anggota IDX Quality 30 Indeks antara lain adalah komponen rasio return to equity (ROE ratio), rasio debt to equity (DER ratio), earning ratio, provitability, capital structure dan earning stability.

“Akan kita lihat. Itu semua yang akan mempengaruhi proses seleksi penghuni dari IDX Quality 30 Indeks,” jelasnya.

Sementara untuk IDX ESG 30, merupakan indeks yang masuk dalam kelompok tematik. Indeks ini berorientasi pada perusahaan yang ramah lingkungan atau memenuhi standar environment, social, dan governance (ESG).

Adapun saham-saham yang menjadi konstituen indeks baru ini akan dipilih berdasarkan peringkat rating atau skor pemenuhan kriteria ESG. Rencanannya indeks ini akan dilaunching paling lambat pada akhir tahu.

“Kami juga sudah menggandeng mitra sebagai sebagai penyedia jasa yang akan membantu kami melakukan rating ESG dari saham-saham yang menghuni indeks IDX80. Jadi setiap kali penentuan kosntituen saham penghuni indeks IDX80, akan secara periodik dilakukan penentuan rating pemenuhan aspek-aspek ESG. Dari situ kami akan mengerucutkan,” jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini