UMKM Bisa Dapat Subsidi Bunga, Begini Cara Daftarnya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 12:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 320 2238708 umkm-bisa-dapat-subsidi-bunga-begini-cara-daftarnya-KcUPPqkzgy.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kabar baik nih buat kalian pelaku UMKM. Sebab, pemerintah tengah menyiapkan bantuan subsidi bunga kredit untuk UMKM. Untuk mendapatkan subsidi bunga, pelaku UMKM harus mendaftar terlebh dahulu.

Melansir Instagram Kemenkeu RI, ada beberapa cara yang harus diikuti. Berikut beberapa cara dan panduan yang harus kalian lakukan:

1. Penyalur Kredit memberitahukan Debitur untuk melakukan registrasi online terlebih dahulu sesuai data pada SIKP;

Baca Juga: Debitur UMKM Akan Dapat Subsidi Bunga, Ini Cara dan Syaratnya

2. Jika registrasi online tidak bisa dilakukan, Debitur bisa melakukan registrasi melalui/didampingi penyalur Kredit;

3. Calon penerima subsidi bunga adalah Debitur yang telah melakukan registrasi dan memiliki NPWP atau mendaftar untuk mendapatkan NPWP

“Kalau kalian sudah menyelesaikan panduan diatas, kalian bisa menyiapkan beberapa data yang dibutuhkan lainnya, seperti data pribadi ( Nama, NIK, alamat tinggal dan usaha, NPWP, data akad kredit/pembiayaan, dan No. telepon), data transaksi Kredit/ Pembiayaan ( Data historis pembayaran pokok, Nilai bunga ) dan yang terakhir adalah data perhitungan subsidi bunga,” tulis keterangan tersebut.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Nasional, Sri Mulyani-Bos OJK Sepakat Beri Subsidi Bunga dan Penempatan Dana

Adapun beberapa skema yang sudah dirancang pemerintah untuk perlindungan dan pemulihan UMKM di tengah Pandemi Covid19 :

1. Skema Bantuan Sosial

Pelaku UMKM dengan kategori miskin dan rentan terhadap Covid19, dalam bentuk masuk sebagai penerima bantuan social dari pemerintah.

2. Skema Insentif Pajak

Pelaku UMKM dengan omzet di bawah Rp4,8 Milliar/tahun, dalam bentuk tarif PPH 0% selama 6 bulan ( terhitung sejak April - September 2020).

3. Skema Relaksasi dan Restrukturisasi Kredit UMKM

Penerima KUR, UMi, PNM Mekar, dan Lembaga Penyalur Kredit Program Pemerintah, dalam bentuk penundaan angsuran dan subsidi bunga selama 6 bulan.

4. Skema Perluasan Pembiayaan Bagi UMKM

Pelaku UMKM yang belum pernah mendapat pembiayaan dari Lembaga Keuangan maupun system perbankan, dalam bentuk stimulus bantuan moda kerja darurat khusus bagi pelaku UMKM terdampak Covid19.

5. Skema Pemulihan dan Konsolidasi Usaha

Pemerintah melalui kementrian, Lembaga BUMN dan Pemda bertindak sebagai penyangga dalam ekosistem UMKM terutama pada tahap pemulihan dan konsolidasi usaha setelah Pandemi Covid19.

Nah, itu dia step yang harus dilakukan untuk kalian pelaku UMKM yang ingin mendapatkan subsidi bunga bantuan kredit dari pemerintah. Registrasi bisa kalian lakukan secara online atau sambal didampingi penyalur pinjaman. Jangan sampai terlewatkan ya, tandai kalender kalian karena mulai 2 Juli 2020 Debitur sudah bisa melakukan registrasi online melalui portal penyaluran subsidi bunga kredit.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini