Menko Luhut Bawa Kabar Baik: Indonesia Naik Kelas

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 320 2239485 menko-luhut-bawa-kabar-baik-indonesia-naik-kelas-fbjQMRhR2q.jpg Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku terkejut dengan rilis terbaru dari Bank Dunia (World Bank). Di mana telah menaikan status Indonesia menjadi negara dengan pendapatan menengah ke atas (upper middle income).

"Saya sampaikan berita baik bahwa Indonesia diumumkam oleh World Bank telah naik dari lower middle income country menjadi upper middle income country," tutur Luhut, dalam launcing Bangga Buatan Indonesia, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Bertemu Duta Besar Uni Eropa, Menko Airlangga Incar Potensi Ekonomi di Tengah Covid-19

Luhut pun terkejut dengan naiknya pendapatan orang Indonesia per tahun versi Bank Dunia tersebut. Pasalnya, informasi yang disampaikan tersebut di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Saya cukup kaget melihat ini karena diumumkan saat keadaan ini," tuturnya.

Baca Juga: Mendag Beberkan Cara Agar Perdagangan Bisa Berjalan Baik

Sementara itu, Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi negara maju pada tahun 2045, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mendorong Indonesia keluar dari kelas negara berpendapatan menengah (middle income) menjadi negara berpendapatan tinggi (high income).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Soeharso Manoarfa menjelaskan, untuk bergerak menjadi negara maju maka rata-rata pertumbuhan domestik bruto (PDB) Indonesia harus mencapai USD23.199 per kapita. Tahun ini rata-rata pertumbuhan PDB diperkirakan mencapai USD4.546 per kapita dan di 2025 jadi USD6.305 per kapita.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini