Mau Main Layang-Layang? Hindari Kawasan Ini Jika Tak Mau Didenda Rp2,5 Miliar

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 320 2239592 mau-main-layang-layang-hindari-kawasan-ini-jika-tak-mau-didenda-rp2-5-miliar-YGbpHOtp7h.jpg Layang-layang (Okezone)

JAKARTA - Layang-layang menjadi permainan yang kembali hits pada saat ini. Dampak virus Corona atau Covid-19, membuat masyarakat mencari kesibukan tersendiri di sekitaran rumah.

Permainan satu ini sudah menjadi permainan favorit di kalangan sejumlah usia, apalagi di kalangan anak-anak. Tapi kalian tahukah ada salah satu daerah yang dilarang karena berbahaya.

 Baca juga: Main Layang-Layang di Sekitar Sutet Bisa Dipenjara, Cermati Larangannya!

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan contoh tempat yang riskan. Salah satunya daerah yang berdekatan dengan jaringan listrik.

Mengutip Instagram @PLN_Disjaya, Jakarta, Rabu (1/7/2020), peringatan tersebut dikarenakan jika kalian bermain di daerah yang sangat berdekatan dengan jaringan listrik, pasalnya benang atau senar yang dipakai saat kalian bermain layang-layang tersebut sangat berbahaya jika tersangkut. Risikonya bisa menyebabkan pemadaman listrik hingga tersengat aliran listrik.

 Baca juga: Berhak Dapat Listrik Gratis, Simak Syarat dan Caranya di Sini

Selain itu, ada juga hukuman bagi yang melanggarnya loh. Di mana, tertuang padaa UU nomor 30 tentang ketenagalistrikan pasal 51 ayat 1 dan 2.

Adapun bunyi UU tersebut adalah setiap orang yang tidak memenuhi keselamatan ketenagalistrikan sehingga mempengaruhi kelangsungan penyediaan tenaga listrik dipidana paling lama 3 tahun ata denda paling banyak Rp500 juta. Atau, apabila perbuatan tersebut mengakibatkan terputusnya tenaga listrik sehingga merugikan masyarakat akan dipidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp2,5 miliar.

Jadi, bagi kamu yang ingin bermain layang-layang, perhatikan juga lingkungan sekitarmu. Jangan sampai terlalu dekat dengan jaringan listrik.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini