Main Layang-Layang di Sekitar Sutet Bisa Dipenjara, Cermati Larangannya!

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 17:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 320 2238981 main-layang-layang-di-sekitar-sutet-bisa-dipenjara-cermati-larangannya-MCeN0sBOKr.jpg Sutet tersangkut benda asing (Okezone)

JAKARTA - Aliran listrik saat ini menjadi salah satu hal penting bagi seluruh masyarakat. Namun, listrik bisa menjadi hal yang berbahaya bila tidak hati-hati dalam penggunaannya.

Kejadian yang tidak diinginkan pun bisa terjadi, terutama pada Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT). Sutet yang biasa dikenal masyarakat ini merupakan jalan tol bagi energi listrik yang memiliki tegangan 150.000 volt.

 Baca juga: Turunkan Petugas Meteran, PLN Terus Berikan Solusi soal Lonjakan Tagihan Listrik

Tegangan tersebut beribu-ribu kali dari tegangan di rumah pada umumnya yang sekira 220 volt. Apalagi, kegiatan masyarakat pun bisa mengganggu aliran tegangan listrik di Sutet.

Sutet yang terganggu bisa mengakibatkan padamnya aliran listrik secara luas. Terburuknya, bisa tersengat aliran listrik yang dapat memakan korban jiwa.

 Baca juga: Cegah Kebakaran akibat Instalasi Listrik, Lakukan Hal Sederhana Ini

Selain itu, bagi orang yang mengakibatkan putusnya aliran listrik sehingga merugikan masyarakat dapat terkena pidana penjara paling lama 5 tahun. Serta, denda paling banyak Rp2,5 miliar.

Oleh sebab itu, mengutip Instagram pln_uiklsulawesi, Jakarta, Selasa (30/6/2020), Perhatikan larangan yang harus kamu patuhi jika ada Sutet:

 Baca juga: Dirut PLN: Kami Sungguh Bersimpati Pelanggan Alami Lonjakan Tagihan Listrik

1. Tidak boleh mendirikan bangunan melebihi jarak bebas vertikal dan horizontal sesuai UU

2. Tidak boleh membiarkan tanaman melebihi jarak bebas vertikal dan horizontal sesuai UU

3. Tidak boleh bermain layang-layang dan balon udara di sekitar jaringan transmisi

4. Mengoperasikan alat berat melebihi jarak bebas vertikal dan horizontal sesuai UU.

Tapi, ada juga cara aman agar kalian terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Di antara lain mempunyai jarak bebas Vertical sejauh 4,5 dan 5 Meter ( 70 & 150 kv) dan jarak bebas Horizontal 7 & 10 Meter ( 70 & 150 kv).

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini