Share

Berawal dari Hobi, Kini Risky Jadi Pebisnis Ikan Cupang Tembus Pasar Eropa

Ahmad Syaiful, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 320 2240547 berawal-dari-hobi-kini-risky-jadi-pebisnis-ikan-cupang-tembus-pasar-eropa-y7OViFQ4K2.jpg Bisnis Ikan Cupang (Foto: Ist)

JAKARTA - Penghobi ikan cupang atau ikan hias dari jenis air tawar dapat berbangga karena ikan yang hidup di perairan asli Asia Tenggara yang memiliki karakter unik dan agresif ini mulai menembus pasaran Eropa dan Amerika Latin. Selain itu tentu memiliki nilai jual yang tinggi.

Tempat pengembang biak ikan cupang milik Risky Pratama dan keluarga di Jalan Bungaran 5, RT 12, RW 03, Kelurahan 8 Ulu, Kecamatan Jakabaring Palembang selalu ramai didatangi para penggemar ikan cupang baik yang mau membeli untuk hiasan maupun untuk jenis aduan.

Baca Juga: Cara Bisnis Ikan Cupang yang Hasilkan Rp40 Juta/Bulan 

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar.

Fancy merupakan jenis ikan cupang yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ikan cupang fancy memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik seperti lukisan.

"Semakin menarik warnanya tentu harga ikan ini juga akan semakin mahal bahkan ada yang mencapai Rp15 juta untuk sepasang ikan cupang jenis nemo CT," kata Risky.

Sementara itu, cupang giant memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Jenis ini memiliki ukuran mencapai 10-15 cm. Selain memiliki warna yang bagus juga bersifat agresif bila melihat ikan lain yang memasuki wilayahnya.

Baca Juga: Mau Pelihara Cupang Hias? Simak Tipsnya agar Dapat Warna yang Keren 

Berbagai jenis lain ikan cupang lainnya yang pada awalnya ikan ini dipelihara hanya untuk aduan saja, namun saat ini sudah berubah menjadi ikan hias yang cukup memanjakan mata bila memandang keunikan warnanya.

Dari penangkaran milik Risky, ikan-ikan cupang yang berhasil dikembang sudah menembus pasaran Eropa dan Amerika Latin.

"Bagi penghobi selain dapat mengkoleksi, cupang juga dapat menjadi investasi yang menguntungkan bila berhasil mengembang jenis-jenis unggulan hingga memiliki nilai jual yang tinggi," katanya.

 Cupang

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini