Jumlah Penumpang KRL pada Jam Sibuk Naik 7%

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 320 2242003 jumlah-penumpang-krl-pada-jam-sibuk-naik-7-MpnwAWRoV5.jpg Antrean Penumpang di Stasiun Bogor. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengakui terjadi penumpukan jumlah pengguna kereta rel listrik (KRL) pada hari ini. Hal tersebut sulit diurai karena terjadi pada jam sibuk pada pagi hari.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, terus meningkatnya jumlah pelanggan KRL dari hari ke hari dan masih tetap dibatasinya kapasitas KRL, maka kepadatan pada jam sibuk tidak dapat dihindari.

Baca Juga: Antrean Sejam, KAI Minta Maaf ke Pengguna KRL

Seperti pada pagi hari ini, jumlah pelanggan KRL yang dilayani hingga pukul 10.00 tercatat ada 166.044 pelanggan KRL atau meningkat 7% dibanding periode yang sama pada Senin minggu 29 Juni 2020 sebanyak 155.555 pelanggan KRL.

Antrean Panjang Penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bogor Capai 1 KM

Masyarakat masih berbarengan ke stasiun untuk berangkat ke DKI Jakarta dikarenakan jam kerjanya masih bersamaan. Kepadatan di stasiun terjadi pada jam sibuk yaitu jam 06.00 sampai 08.00 pada pagi hari.

Baca Juga: Pengusaha Diminta Disiplin Atur Jam Kerja Agar Pengguna KRL Tak Padat

"KAI mengimbau agar masyarakat menghindari jam sibuk untuk berangkat ke DKI Jakarta menggunakan KRL. Pantau terus sosial media @commuterline dan aplikasi KRL Access untuk mengetahui kondisi antrean di sejumlah stasiun pemberangkatan," ujar Didiek, dalam keterangannya, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Penumpukan Penumpang, KCI Sebut Perjalanan KRL Sudah Maksimum

Antrean tersebut tidak bisa dihindarkan karena dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Di mana pada masa PSBB Transisi, pengguna KRL harus mengantri dengan tertib dan teratur sebelum masuk ke peron. Sehingga mengurangi kenyamanan dan menambah waktu perjalanan untuk menuju tempat kerja.

"Antrean kami buat semata-mata untuk mematuhi kebijakan physical distancing baik di stasiun maupun di kereta dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Didiek.

Sebelumnya, Kepadatan penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) terjadi di Stasiun Bogor, pada Senin (6/7/2020) pagi. Para penumpang diimbau untuk mematuhi marka physical distancing.

Antrean Panjang Penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bogor Capai 1 KM

"Pantauan saat ini di St. Bogor pkl 07:20 WIB. Kami imbau untuk senantiasa mengikuti arahan petugas di lapangan & mematuhi marka Physical Distancing yg tersedia serta mengatur kembali waktu perjalanan," tulis akun resmi PT KCI, @Commuterline, seperti dikutip Okezone.

Dari foto yang diunggah PT KCI, para pengguna KRL tampak mengular atau antreannya terlihat sangat panjang. Namun, mereka masih terlihat berdiri teratur. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini