9 Juta Keluarga di RI Sudah Nikmati Bansos Tunai

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 320 2242178 9-juta-keluarga-di-ri-sudah-nikmati-bansos-tunai-INSuGe0grB.jpg Penyaluran Bansos Sembako Kepada Warga. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) dilibatkan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial sembako dan bantuan sosial tunai (BST) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia. Di mana saat ini penyebaran Covid-19 telah ditetapkan sebagai bencana nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional.

“Dengan bantuan dari pemerintah diharapkan mampu mengurangi beban ekonomi, dan memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak,” kata Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Ihwan Sutardianta, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: KPK Terima 621 Laporan soal Bansos, Didominasi Warga Tak Dapat Bantuan

Dia menyatakan, dengan jaringan dan sumberdaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, PT Pos Indonesia dan Bank Himbara telah meyalurkan BST Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 3 tahap yakni pada bulan April, Mei, dan Juni 2020, dengan nilai Rp600 ribu per bulan per KPM kepada sebanyak 9 juta KPM.

“Kemudian untuk proses penyaluran di daerah 3T, akan dibayarkan sekaligus untuk tiga tahap. Hal ini dimaksudkan agar proses salur lebih efektif, memudahkan dan meringankan KPM (menghindari timbulnya ongkos dan waktu untuk berangkat dan pergi dari rumah ke lokasi distribusi BST),” ujarnya.

Baca Juga: Polemik Bansos Corona, Pemerintah Akan Ubah NIK Seperti QR Code

Dia menyebut, pihaknya juga melakukan penyaluran BST ke daerah dengan kategori khusus, yaitu daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, terpencil, dan/atau perbatasan antar negara juga daerah yang memiliki keterbatasan akses geografis dan infrastruktur tunai.

“Selama proses penyaluran BST, kami menemukan testimoni dari para KPM atas kemanfaatan BST. Banyak KPM terdampak Covid-19 yang merasa sangat terbantu dengan BST. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memperhatikan kondisi mereka,” kata dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini