Arahan Sri Mulyani, PNS Kemenkeu Akan Work From Home Permanen

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 20 2242954 arahan-sri-mulyani-pns-kemenkeu-akan-work-from-home-permanen-kkDN1LPXWA.jpg Sri Mulyani (Foto: Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) kini menjadi tren di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Hampir seluruh perusahaan di seluruh dunia menerapkan WFH, tak terkecuali di Indonesia.

Namun, seiringnya waktu, selain WFH beberapa perusahaan kembali menerapkan kerja dari kantor atau Work From Office (WFO). Kebijakan WFH dan WFO juga diadopsi oleh instansi pemerintahan, termasuk Kementerian Keuangan.

Khusus untuk PNS Kemenkeu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan akan menerapkan pola kerja WFH secara permanen untuk PNS Kemenkeu.

“Sekarang kita akan membuat pola work from home untuk permanen. Kita sedang merumuskan pola flexible working space juga. Intinya kami akan menghilangkan proses bisnis yang tidak efektif. Dan ini harus bisa kita lakukan saat ini juga, saat ada krisis,” ungkap Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Ingin Ubah Rp1.000 Jadi Rp1, RUU Redenominasi Rupiah Masuk Rencana Strategis Sri Mulyani 

Dia melanjutkan teknologi dapat membantu mengurangi korban pandemi, misalnya teknologi ventilator untuk kuratif, vaksin untuk preventif, aplikasi dokter online.

"Sekarang saya transfer uang langsung ke sekolah atau puskesmas. Mereka bisa menggunakan anggarannya menggunakan aplikasi. Semua yang mereka butuhkan, material untuk kesehatan dan pendidikan akan masuk ke aplikasi," katanya.

Sambung dia, teknologi juga dapat membantu pelaksanaan pendidikan yang terhambat pandemi, dengan belajar secara aman dari rumah dengan ICT.

"Nanti akan ada laporan langsung ke Menterinya. Hal ini memang tidak akan menyelesaikan semua masalah, tapi paling tidak meringankan bebannya karena Presiden inginnya semua itu efisien, tidak birokratik lagi,” imbuhnya.

Baca Juga: Sri Mulyani hingga Erick Thohir Jamin Kredit Modal Kerja UMKM 

Dia pun menambahkan, pasca Covid-19 masih belum bisa dipastikan hingga vaksin ditemukan. Pada masa krisis Covid-19 inilah, perubahan menuju arah perbaikan juga harus dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk dapat meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu perjalanan ke kantor atau dengan bekerja dan rapat secara online.

"Semua ini akan dapat dilakukan karena saat ini teknologi berperan penting dalam kehidupan masyarakat luas,” tegasnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini