Investasi Asing Masuk RI, Jangan Lupa Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 320 2242972 investasi-asing-masuk-ri-jangan-lupa-rekrut-tenaga-kerja-lokal-6OtgDUUMFD.jpg Menaker Ida Fauziyah (Foto: Dok kemnaker)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah ke Kantor Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi Jakarta.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan pertemuan kali ini untuk berkoordinasi terkait memanfaatkan tenaga kerja lokal dari investasi yang masuk ke Indonesia. Hal itu agar masuknya investasi luar dan tenaga kerja asing yang datang ke Tanah Air bisa mengalokasikan ilmu kepada para pekerja lokal dalam bentuk pemagangan.

 Baca juga: 9 Etika Resign, Jangan Dadakan hingga Lunasi Utang Kerjaan

"Saya minta peningkatan kompetensi untuk calon pekerja bagi perusahaan-perusahaan itu. Di mana diberikan kesempatan pemagangan dari beberapa calon pekerja," ujar dia, Selasa (7/7/2020).

Pihaknya juga ingin pekerja Indonesia disiapkan bagi perusahaan yang sudah mulai beroperasi. "Jadi, saya juga minta politekniknya ditingkatkan. Saya mendorong Badan Latian Kerja (BLK), untuk menyiapkan SDM-nya kita," jelas dia.

 Baca juga: 7 Perusahaan Relokasi Pabrik ke RI Serap 30 Ribu Tenaga Kerja

Kemudian, lanjut dia, dirinya menyoroti upaya PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) yang hendak berinvestasi Rp20 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Di mana PT BAI juga dikabarkan membutuhkan sekitar 500 orang tenaga kerja asal China untuk mempercepat penyelesaian proyek PLTU dan pabrik smelter di Bintan.

"Untuk proyek di Bintan saya lupa tanya, tapi saya minta lebih banyak lagi. Saya benar-benar ingin ketika investasi itu sudah masuk itu benar-benar siap. Saya sudah menyampaikan itu ke pak Luhut," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini