Jualan Online di Instagram Tak Semata Hanya Posting, Tapi Butuh Interaksi

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 320 2243191 jualan-online-di-instagram-tak-semata-hanya-posting-tapi-butuh-interaksi-PuNoEAPKt2.jpg Cara Memulai Bisnis Instagram. (Foto: Okezone.com/Themobileindian)

JAKARTA - Media sosial menjadi tempat efektif untuk memulai usaha. Selain banyak fitur gratis, banyak pembeli dari berbagai kalangan bisa melihat produk yang diperjual-belikan.

Namun demikian, pelaku usaha atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus memperhatikan beberapa hal supaya penjualan semakin efektif. Salah satunya dengan aktif berinteraksi dengan konsumen bagi yang memutuskan berjualan di Instagram.

Baca Juga: Menguntungkan, Simak Cara Memulai Bisnis Lewat Instagram

Menurut Pemilik Bisnis Fashion Muslim Meccanismindonesia, Zaskia Adya Mecca, di tengah situasi ini, menjalin komunikasi dua arah dengan para followers menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis. Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut seputar suatu produk dan ketersediaan produk sebelum mereka melakukan pembelian.

Belanja Online

Di Instagram ada beberapa fitur seperti stories yang bisa digunakan untuk membangun interaksi yang interaktif, seperti stiker pesanan makanan, stiker gift card, dan stiker dukung bisnis kecil.

Setelah itu, pelaku usaha juga disarankan untuk menggunakan tagar yang sesuai untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca Juga: Tak Disangka, Daerah Ini Jadi Produsen Sapi Terbesar Nomor 2 di Indonesia

"Pelaku usaha juga dapat memanfaatkan kolom komentar dan direct message secara aktif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen. Selain itu, dapat mencoba membangun interaksi menyenangkan dengan calon pelanggan melalui fitur-fitur kreatif di stories seperti polling, stiker pertanyaan, stiker kuis," tuturnya.

Sebagai informasi, pandemi Covid-19 telah membawa tantangan serta peluang baru bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Di tengah penerapan masa PSBB transisi saat ini, para pelaku UMKM kembali didorong untuk mulai bangkit dan menghidupkan kembali roda perekonomian Indonesia.

Di masa sekarang ini, para pelaku UMKM harus dapat terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang disediakan oleh platform digital, seperti Instagram. Langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.

Menurut CEO Lunahabit, Luna Maya, para pelaku bisnis bisa menganalisa interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristik konsumen mereka secara berkala. Analisa bisnis ini akan sangat membantu para pelaku bisnis menyusun strategi pemasaran yang efektif.

Menurut data internal Instagram, dua dari tiga pengunjung profil bisnis di Instagram bukan berasal dari followers. Itulah mengapa feed profil bisnis harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnis Anda.

Baca Juga: Penjualan Sapi Lesu Jelang Idul Adha, Peternak 'Gigit Jari'

"Pelaku UMKM perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada enam foto teratas feed. Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnis Anda secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram Anda," tuturnya.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia secara gratis. Para pelaku UMKM dapat memaksimalkan seluruh fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, bahkan mendorong terjadinya penjualan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini