Efek Corona, RI Bangun Kemandirian Kesehatan Nasional Rp80 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2244008 efek-corona-ri-bangun-kemandirian-kesehatan-nasional-rp80-triliun-oULHViiMe8.jpg Virus Corona Berdampak pada Industri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan dan pergolakan dunia yang berlangsung sangat cepat dan dinamis. Semua negara pun kini fokus terhadap perkembangan virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dampak virus corona membuka mata banyak negara untuk menaruh fokus terhadap kesehatan masyarakat. Salah satunya Indonesia yanng fokus terhadap penanganan Covid-19.

"Kita telah bangun kemandirian nasional di sektor kesehatan sebesar Rp80 triliun. Dana tersebut akan kita gunakan untuk mendorong kemandirian tersebut," ujar dia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Bikin Heboh, Mentan Klaim Tak Ada Niat Memperkenalkan Kalung Antivirus Corona

Dia menjelaskan penanganan pandemi di Indonesia semakin baik walaupun tidak menafikan kekurangan yang ada. Hal itu yang akan dibenahi, karena segala sesuatunya memang harus berhati-hati.

"Contohnya keputusan tidak lockdown banyak pihak menilai itu adalah taktik dan strategi yang baik. Badan keuangan dunia pun memuji langkah kita, karena perekonomian kita tidak tergoncang secara drastis," ungkap dia.

Baca Juga: Ke DPR Pakai Kalung Antivirus Corona, Mentan Dihujani Pertanyaan

Dia juga menambahkan bahwa, Uni Emirat Arab rencananya berminat bekerjasama dengan perusahaan Indonesia guna memproduksi vaksin. Di mana dengan rencana produksi hingga 1 juta vaksin per tahun, untuk riset dan inovasi ke depan akan ada 3 negara yang akan bekerja sam

"Indonesia pun harus menyesuaikan berbagai dinamika tersebut, tentunya dengan terfokus kepada pemulihan ekonomi sekaligus juga penanganan kesehatan masyarakat," jelas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini