Obligasi Pemerintah Jadi Salah Satu Tujuan Investasi di Tengah PHK

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 20 2244931 obligasi-pemerintah-jadi-salah-satu-tujuan-investasi-di-tengah-phk-woweCEWc69.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Pemutusan Hubungan kerja (PHK) sedang marak di tengah Covid-19. Hal ini dikarenakan wabah tersebut juga memiliki efek kepada krisis ekonomi di beberapa negara.

Hal itu pun akan berdampak beberapa perusahaan hingga akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk mem-PHK beberapa karyawan demi menyelamatkan keuangan perusahaan.

Perencana Keuangan Oneshildt Financial Planning, M. Andoko mengatakan setiap orang harus bijak dalam mengelola uang pesangon yang mereka dapatkan. Tak dapat dipungkiri memang itu seperti 'uang kaget' karena tiba-tiba seseorang menerima uang yang jumlah berkali lipat dari gaji bulanan yang biasa diterima.

"Jadi nanti ketika di-PHK harus mendata pengeluaran mana yang perlu dikurangi atau tidak," kata Andoko kepada Okezone.

Setelah mendata beberapa kebutuhan pokok, lanjut dia, seseorang mungkin bisa menivestasikan sejumlah uang pesangon yang diterima dengan cara berinvestasi. Salah satunya dengan membeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

"Sekarang pemerintah lagi menerbitkan yang namanya ORI. Itu dilock 3 tahun. Dia bisa mendapatkan return besar. Kalau enggak salah suku bunganya 6,4 persen," ujarnya.

Baca selengkapnya: Kelola Uang Pesangon usai Di-PHK, Data Dulu Apa Saja yang Dibutuhkan!

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini