Viral Video Mobil Wapres Isi BBM Pakai Jeriken, Begini Penjelasan Setwapres

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 320 2244771 viral-video-mobil-wapres-isi-bbm-pakai-jeriken-begini-penjelasan-setwapres-JKnJK6BXSJ.jpg Mobil Kepresidenan (Okezone)

JAKARTA - Hari ini Media Sosial diramaikan dengan video kendaraan dinas Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang berplat nomor RI 2 diisi bahan bakarnya dengan menggunakan jeriken. Hal tersebut membuat publik dunia maya berspekulasi jika mobil Wapres ini kehabisan bensin.

Menanggapi hal tersebut Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar mengatakan, pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP. Dirinya juga menyebutkan jika mobil yang ditumpangi Ma'ruf Amin bukan kehabisan bensin.

 Baca juga: Ma'ruf Amin Panggil Erick Thohir hingga Ridwan Kamil Bahas Industri Halal

Menurut Oemar, dalam setiap rangkaian sudah disiapkan BBM cadangan di dalam jeriken. Hal ini untuk mengantisipasi jika SPBU tidak menyediakan jenis BBM sesuai yang dibutuhkan mobil VVIP.

"Dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/7/2020).

 Baca juga: Wapres Ma'ruf: RI Jangan Cuma Jadi Negara Pemberi Stempel Halal

Menurut Oemar, rekaman video yang beredar merupakan kejadian beberapa waktu lalu. Ketika itu, Ma'ruf Amin sedang melakukan kunjungan ke Sukabumi, Jawa Barat.

"Rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020. Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," jelasnya.

Sebagai informasi sebelumnya, Pada Rabu lalu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Agama Fahrul Razi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan melakukan peninjauan ke SMAN 4 Kota Sukabumi, Balaikota Sukabumi dan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini