6 Keunggulan Membuka Usaha di Rumah, Nomor 4 Bisa Santai

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 320 2245138 6-keunggulan-membuka-usaha-di-rumah-nomor-4-bisa-santai-9xxWDIqD7K.jpg Memulai Usaha (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Usaha makanan yang diolah dari rumah tangga dapat dikatakan hanya memerlukan modal biaya yang sedikt. Bagaimana tidak, modal tersebut hanya dibutuhkan untuk membeli sejumlah bahan produksi.

Tidak melihat dari segi rumah sendiri, ngontrak, bahkan menumpang, selagi masih ada rumah yang dapat ditempati, usaha makanan berskala rumah tangga memungkinkan untuk dijalankan.

Baca Juga: Memulai Bisnis Pakai Duit Pesangon yang Minim Risiko, Untungnya Gede

Seperti yang dimuat dalam buku 22 Peluang Bisnis Makanan untuk Home Industry karya Redaksi AgroMedia, Jakarta, Minggu (12/7/2020). Berikut beberapa keunggulan dari usaha makanan skala rumah tangga.

1. Tidak Perlu Pusing Memikirkan Lokasi Usaha

Usaha yang dilakukan dari rumah tentunya tidak perlu pusing memikirkan tempat lagi. Pasalnya, halaman rumah atau rumah yang strategi dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha makanan. Atau, rumah dapat dijadikan sebagai tempat produksi atau dapur sebelum makanan dititipkan di warung atau toko.

2. Daerah Pemasaran dan Jumlah Konsumen Tidak Terbatas

 

Jika menjalankan usaha yang berskala rumah tangga seperti ini, umumnya produk yang dihasilkan dapat dititipkan ke sejumlah warung atau toko, tidak hanya berpaku pada satu atau dua tempat saja. Tentunya, potensi orang yang akan menjadi konsumen akan lebih banyak.

Baca Juga: Tips Liburan bagi Pekerja yang Terkena PHK, Cari yang Gratisan

3. Pembeli Datang Sendiri

Sebagian besar konsumen usaha makanan skala rumah tangga umumnya adalah pedagang. Mereka akan membeli produk tersebut dan akan dijual kembali. Biasanya, konsumen seperti ini akan datang langsung ke tempat produksi. Tapi, perlu diingat bahwa semua ini terjadi tidak instan. Sebelum keunggulan ini dinikmati, semua pasti memerlukan proses yang harus "dijalani" dan "dirasakan" terlebih dahulu.


4. Dapat Melibatkan Seluruh Anggota Keluarga

Keuntungan bisnis ini lainnya adalah dapat melibatkan semua anggota keluarga, semua anggota keluarga yang terlibat akan memiliki pengetahuan lebih tentang menjalankan suatu usaha. Tapi, tetap perlu diingat mengenai pembagian hak dan kewajiban yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Dapat Menyerap Tenaga Kerja

Usaha dari rumah ini terntunya dapat membantu orang di sekitaran yang membutuhkan pekerjaan. Selain membuka lapangan usaha dan membuat penghasilan, tentunya usaha ini juga membantu orang di sekitar lingkungan yang membutuhkan pekerjaan dan penghasilan. Membantu sesama tidak ada salahnya kan?

6. Peluang Memasarkan Produk ke Supermarket

"Supermarket bisa diibaratkan sebagai display raksasa yang memajang ribuan produk" tulis buku tersebut.

Betul adanya karena hal ini diimbangi dengan jumlah konsumen yang datang. Dengan masuknya produk ke supermarket, tentunya skala pemasaran akan semakin luas dan jumlah konsumen akan semakin banyak. Walaupun memasukan produk ke supermarket tidak mudah, namun hasil yang diberikan cenderung lebih memuaskan. (dni)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini