Kisah Mujenih, Petugas KRL yang Temukan Uang Rp500 Juta

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245798 kisah-mujenih-petugas-krl-yang-temukan-uang-rp500-juta-FwKf85Ag9Z.jpg Ilustrasi Penemuan Uang di KRL (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mujenih, petugas cleaning service Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline mendapat apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir. Berkat kejujurannya menemukan uang Rp500 juta dan mengembalikannya, kini Mujenih diangkat menjadi karyawan tetap.

Pengangkatan karyawan tetap menjadi salah satu hadiah yang diberikan Mujenih. Selain bantuan yang akan diberikan secara khusus oleh Menteri BUMN, Mujenih juga menerima sejumlah bantuan yang diberikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), PT Bank Mandiri (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero), dan PT Telkomsel Indonesia (Telkom).

Baca Juga: Kembalikan Rp500 Juta, Erick Thohir Guyur Hadiah Khusus ke Petugas Kebersihan KRL 

Adapun bantuan yang diperoleh berupa, Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan karyawan tetap PT Kereta Api Indonesia (KAI), handphone dan paket data selama satu tahun, bantuan rawat inap dan proteksi jiwa senilai Rp 100 juta, Rp 40 juta pengembangan premi, dan polis BNI life, dana investasi sejahtera dengan premi Rp 50 juta dan nilai pertanggungan Rp 500 juta, serta asuransi mandiri jiwa sejahtera dengan uang pertanggungan Rp 500 juta.

Lalu bagaimana kisahnya?

Mujenih menemukan uang tunai senilai Rp500 juta di gerbong ketiga, tepatnya di bawah kursi tempat duduk prioritas pada Senin 6 Juli 2020 saat dirinya membersihkan kabin kereta di Stasiun Kota Bogor.

Kejadian itu terjadi pada Senin 6 Juli 2020 saat dirinya membersihkan kabin kereta di Stasiun Kota Bogor.

Pada 6 Juli kemarin, tepatnya pukul 16.40 WIB, petugas kebersihan kereta bernama Mujenih dan petugas pengawalan KRL Egi Sandi menemukan barang yang tertinggal di kereta kedua dari kereta yang akan tiba di Stasiun Bogor.

Barang tersebut berupa plastik berisi uang dalam bungkusan koran. Mujenih dan Egi kemudian menyerahkan ke Iqbal Fahri, seorang petugas passenger service bersama dengan petugas lainnya di stasiun Bogor. Kata Anne, mereka lantas memeriksa bungkusan lebih detail untuk memasukkan data dalam aplikasi lost and found.

Baca Juga: Erick Thohir: Pemimpin Harus Belajar dari Petugas KRL yang Temukan Uang Rp500 Juta 

Setelah diperiksa, uang yang dibungkus koran tersebut berjumlah Rp500 juta. Petugas passenger service kemudian memasukkan data dan ciri-ciri barang yang ditemukan tersebut ke dalam sistem.

"Tidak lama, seorang pengguna KRL dengan inisial SB melaporkan barang miliknya yang tertinggal di kereta. Iqbal kemudian menerima SB dan melakukan verifikasi data serta ciri-ciri barang yang dilaporkan tertinggal," ujar VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba.

Dari laporan tersebut petugas kemudian memverifikasi identitas dan ciri-ciri barang. Hasilnya, seluruhnya sesuai dengan apa yang ditemukan. "Uang tersebut sudah dikembalikan kepada pemiliknya dengan disaksikan sejumlah petugas," lanjutnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini