Singapura Masuk Resesi, Bagaimana Dampaknya ke Indonesia?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 20 2246442 singapura-masuk-resesi-bagaimana-dampaknya-ke-indonesia-gdi2b3I6Xp.jpg Krisis ekonomi (Okezone)

JAKARTA - Ekonomi Singapura mulai masuk ke zona resesi. Hal ini diprediksi akan berpengaruh ke negara lain, seperti di Indonesia.

Ekonom Indef Bhima Yudistira menilai Singapura yang telah mengalami resesi menjadi peringatan bagi Indonesia yang bakal menekan sektor perdagangan dalam negeri.

Sebagai informasi, Ekonomi Singapura masuk resesi, setelah pertumbuhan ekonomi negara tersebut minus 41,2% pada kuartal II-2020 dampak pandemi virus corona.

"Singapura menjadi hubungan perdagangan dan investasi yang cukup penting bagi Indonesia. Indikasi resesi Singapura menjadi warning bagi Indonesia bahwa kinerja perdagangan akan terkontraksi cukup dalam," ujar Bhima.

Kata dia, arus barang yang keluar dan masuk dari Indonesia sebagian lewat hub Singapura. Kalau volume ekspor impor disana turun tajam harus bersiap kinerja perdagangan akan turun sepanjang tahun.

Baca selengkapnya: Singapura Resesi, Warning untuk Ekonomi Indonesia

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini