Duet Erick Thohir-Retno Marsudi Bentuk BUMN Go Global

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2247771 duet-erick-thohir-retno-marsudi-bentuk-bumn-go-global-ZE7JZ65vqu.jpg Erick Thohir (Foto: Dok BUMN)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Kementerian Luar Negeri membentuk BUMN Go Global. Di mana kerja sama ini mendukung BUMN untuk pengembangan dan ekspansi di pasar global serta identifikasi bersama peluang investasi.

Baca Juga: Tagih Utang Pemerintah, Erick Thohir: Dengan Kerendahan Hati Sangat Diperlukan BUMN 

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, persiapan pembentukan tim segera dilakukan usai penandatangan MoU sebagai landasan kerja sama. Jika sudah terbentuk, tim nantinya akan langsung bekerja mengidentifikasi pasar di sektor kesehatan dan energi.

"Jadi kita sudah siap berkolaborasi di bidang energi dan kerja sama lain setelah sebelumnya kesehatan. Kemenlu akan mendukung program BUMN Go Global dan MoU ini memberikan landasan kuat, MoU ini super cepat. Seminggu lalu bicara MoU ini sudah siap sebagai ladasan bekerja ke depan," ujar dia di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Sah, 7 BUMN Dapat PMN Rp23,6 Triliun 

Dia menjelaslan melalui MoU ini Kemenlu dan BUMN akan membentuk tim bersama untuk mendukung BUMN Go Global untuk pengembangan dan ekspansi BUMN di pasar global.

"Dan identifikasi bersama peluang investasi di inbound dan out bound," ungkap dia.

Di sisi lain, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, sudah seharusnya kementerian bersinergi untuk memajukan BUMN. Kementerian BUMN tidak hanya bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri tetapi seluruh kementerian.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut BUMN Tetap Setor Pajak Rp55,5 Triliun di Tengah Covid-19

"Saya rasa sudah seyogyanya kita harus bersinergi tidak hanya di kementerian ini tetapi juga dibanyak kementerian sesuai dengan arahan Presiden (Jokowi). Yakni bagaimana ke depan Indonesia secara diplomatik tidak hanya fokus di politik tetapi juga bagaimana kita mengembangkan footprint dari dunia usaha kita. Tentu dunia usaha ada dua, ada yang swasta dan ada yang BUMN," tandas dia.

Erick

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini