Mulailah Menyiapkan Dana Darurat Bagi yang Masih Bergaji Full

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 18 Juli 2020 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2248176 mulailah-menyiapkan-dana-darurat-bagi-yang-masih-bergaji-full-czUvhTPH58.jpg Akuntan (Campuspress)

JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 membuat ketidakpastian di perekonomian. Terutama di dunia kerja yang berujung ke penghasilan.

Memang pada bulan ini, kamu masih bisa bekerja dan mendapatkan gaji utuh. Namun hal tersebut belum tentu akan terjadi selamanya mengingat, saat ini pandemi virus Corona masih berlangsung.

Menurut Andi, mulai sejak dini mengalokasikan pengeluaran untuk dana darurat. Atau bisa juga kamu mengalokasikan penghasilan kamu untuk investasi meskipun jumlahnya tidak terlalu besar.

"Mengerem dulu untuk pengeluarannya. Jadi jangan berfoya-foya dulu. Artinya jajan jajan dikurangi. Terus kemudian pengeluaran difokuskan untuk dana darurat dan tabungan. Bahkan dikit-dikit mulai berinvestasi artinya jangan terlalu banyak," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Menurut Andi, idealnya alokasi dana darurat adalah sebesar 10% dari penghasilan. Artinya jika penghasilan kita adalah Rp5 juta, maka dana darurat yang disiapkan adalah Rp500 ribu setiap bulan.

Baca selengkapnya: Bulan Depan Belum Pasti Gajian, Yuk Mulai Siapkan Dana Darurat

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini