Cegah Kebakaran akibat Tabung Gas Bocor saat Bisnis Makanan, Begini Caranya!

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 320 2249627 cegah-kebakaran-akibat-tabung-gas-bocor-saat-bisnis-makanan-begini-caranya-MozGRB1c9K.jpg Regulator Gas (Shutterstock)

JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 membuat masyarakat sering melakukan kegiatan di rumah. Bahkan, bagi yang terdampak perekonomiannya, mereka akan berjuang dengan mencari peluang usaha.

Salah satu peluang usaha yang sering digandrungi adalah bisnis makanan. Tingginya peluang bisnis ini membuat kita akan sering 'bermain' api di dapur.

 Baca juga: Transformasi Bisnis ke Digital, Cara Bertahan dari Corona

Dari hal tersebut membuat kalian harus ekstra hati-hati dalam berbisnis. Pasalnya, jika salah-salah dalam memasak bisa saja akan mengakibatkan kebakaran.

Kebakaran sering terjadi biasanya ditimbulkan dari bahan bakar gas yang digunakan. Pasalnya, hal ini diakibatkan karena regulator gas ada masalah atau bisa saja kesalahan pemasangan.

 Baca juga: Deretan Bakso Viral dari Mblenger Sampai Crot

Melansir pada laman Instagaram Kemendag, Jakarta, Senin (20/7/2020). Sebelum melakukan kegiatan memasak, perlu juga untuk memperhatikan keamanan regulator gas yang digunakan. Berikut merupakan tips-tipsnya:

1. Pastikan regulator yang Kawaniaga gunakan sudah teruji dan terpasang dengan aman. Belilah regulator gas yang bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI). Regulator yang sudah memiliki SNI berarti sudah melewati tahap uji kelayakan.

2. Saat pemasangan, regulator gas harus terpasang dengan kencang dan tidak mudah digoyangkan. Cek meteran jarum dalam kondisi terisi.

3. Pastikan tidak ada bunyi mendesis atau bau gas yang bocor. Bila terjadi demikian, cek kembali posisi regulator gas.

Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, jadi periksalah kembali regulator gas yang digunakan sebelum akan melakukan kegiatan memasak.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini