Share

Akhirnya Indonesia Punya Teknologi Pengolahan Sampah

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 320 2249896 akhirnya-indonesia-punya-teknologi-pengolahan-sampah-7CNdrDNsko.jpg Sampah (Foto: Okezone)

JAKARTA – Akhirnya Indonesia memiliki teknologi pengolahan sampah yakni Refuse Derived Fuel (RDF). Teknologi ini menggunakan metode biodrying yang dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan dalam proses pembakaran pengganti batu bara.

Untuk mengurangi ketergantungan pengelolaan sampah di tempat pemrosesan akhir (TPA), kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, harus ada terobosan pengelolaan sampah seperti RDF. Dengan teknologi itu, sampah akan diolah secara fleksibel, bahkan biaya operasionalnya tidak setinggi pengolahan termal. Bahkan, secara cukup signifikan dapat mengurangi sampah yang dibawa ke TPA sehingga dapat mengurangi bebannya.

Luhut berharap, dengan adanya fasilitas RDF ini dapat secara signifikan mengubah model penanganan sampah yang selama ini dianggap sebagai cost center. RDF, lanjut Luhut, dapat menjadi model bisnis yang mampu menciptakan geliat ekonomi baru bagi masyarakat serta berkontribusi bagi peningkatan bauran energi baru terbarukan di Indonesia.

Baca Selengkapnya: Canggih, Indonesia Miliki Teknologi Pengolahan Sampah Rp90 Miliar

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini