Wuih, 9 Kota Eksostis Ini Dibangun di Atas Gurun Pasir Loh

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 470 2249587 wuih-9-kota-eksostis-ini-dibangun-di-atas-gurun-pasir-loh-LyLX1GiwNL.jpg Ilustrasi Gurun. (Foto: Okezone.com/Instagram @linuzsterlund)

JAKARTA - Kota adalah landskap peradaban manusia. Kota umumnya dipadati masyarakat dengan berbagai aktivitas. Di dalamnya ada bangunan-bangunan dan lokasinya strategis untuk dijangkau.

Namun ada yang menarik dengan kota eksotis yang dibangun di atas gurun pasir. Dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit atau kurang dari 250 mm per tahun.

Berikut sembilan kota eksotis yang dibangun diatas gurun pasir. Berdasarkan Informasi yang dilansir dari Koran Sindo, Jakarta, Senin (20/7/2020).

1. Las Vegas (Amerika Serikat)

Sering disebut dengan nama sederhana Vegas, kota ini adalah kota terpadat di negara bagian Nevada dan dikenal sebagai tempat peristirahatan, perjudian, serta sejumlah kegiatan lainnya seperti berbelanja, makan mewah, hiburan dan kehidupan malam. Memiliki sejumlah megahotel serta kasino yang menjamur.

Baca Juga: Ada Kota Bergaya Wild West Dijual Rp106,7 Miliar, Dapet Bonus Madu Loh!

2. Lusail (Qatar)

Dari lahan pasir pantai yang kosong di Qatar, kemudian muncul sebuah kota baru yang telah dibangun bernama Lusail. Kota seluas 72 kilometer persegi yang dibangun diatas gurun pasir di sepanjang Teluk Persia ini terletak 24km di Utara pusat kota Doha. Proyek kota ini menelan biaya sekitar USD45 miliar.

3. Teheran (Iran)

Teheran adalah kota di Timur Tengah yang berkembang pesat dan dikenal dengan iklim gurunnya serta kepadatan populasinya. Penduduk kota ini diperkirakan berjumlah 8,7 juta penduduk. Daerah metropolitan ini menampung banyak koleksi bersejarah termasuk artefakk dari dinasti sebelumnya.

Baca Juga: Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Ternyata New York Bukan yang Pertama!

4. Lima (Peru)

Lima adalah ibu kota dan kota terbesar di Peru dan seperti semua kota ramai lainnya dalam daftar ini terletak bioma gurun pasir. Kota ini terletak di lembah-lembah beberapa sungai dan menghadap ke Samudera Pasifik. Kota ini pada 2019 memiliki populasi lebih dari sembilan juta. Kota ini dikenal sengan lembaga pendidikan tinggi, salah satunya Universitas Nasional San Marcos yang berdiri sejak 1551.

5. Kairo (Mesir)

Merupakan salah satu kota terbesar di dunia Arab dengan populasi lebih dari 30 juta. Dalam hal reputasi kota, Kairo sering dikaitkan dengan Mesir Kuno dengan Piramida Giza yang terkenal dan kota kuno Memphis. Selain itu, kota ini juga memiliki industri film dan musik mapan serta lembaga pendidikan tinggi yang mapan.

6. Dubai (Uni Emirat Arab)

Dubai adalah kota padang pasir yang menonjol di Uni Emirat Arab, baik karena populasinya yang padat dan juga bangunan mewahnya. Kota ini terletak di pantai Teluk Persia dan dikelilingi gedung pencakar langit. Pada 2020, populasi kota ini diperkirakan mencapai 3,39 juta orang.

7. Baghdad (Irak)

Ibu kota Irak menjadi salah satu kota eksotis yang dibangun diatas gurun, Baghdad juga tercatat sebagai kota terbesar kedua di dunia Arab setelah Kairo Mesir. Baghdad menjadi pusat budaya, komersial, dan intelektual dunia Muslim. Terlepas dari sejarah yang kaya, kota ini telah mengalami kerusakan sebagai akibat Invasi dan perang AS di daerah ini.

8. Sharm El Sheikh (Mesir)

Kota ini terletak diujung Selatan Semenanjung Sinai di lepas pantai Laut Merah Mesir. Kota ini memiliki populasi sekitar 73.000 penduduk pada tahun 2015. Kota ini juga berfungsi sebagai pusat administrasi untuk provinsi Sinai Selatan Mesir.

9. Casablanca (Maroko)

Kota terbesar di Maroko. Casablanca memiliki pemandangan yang indah dan kaya dengan arsitektur serta memiliki masjid terbesar ketujuh di dunia. Menurut data 2019, wilayah ini dihuni populasi 3,71 juta. Meskipun bukan menjadi pusat pemerintahan, kota ini dianggap sebagai pusat ekonomi dan bisnis Maroko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini