Cara Agar Usaha Makanan Enak dan Terlihat Instagramable

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 320 2250733 cara-agar-usaha-makanan-enak-dan-terlihat-instagramable-IZVWMyY43B.jpg Ilustrasi Foto Makanan di Instagram. (Foto: Okezone.com/Digital Photography School)

JAKARTA - Promosi lewat media sosial seperti Instagram menjadi salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis. Tak terkecuali pada usaha makanan, di mana pelanggan melihat langsung apa yang dijual melalui media sosial tersebut. 

Untuk itu, unggahan foto produk makanan yang ditampilkan tidak boleh asal. Alih-alih mengundang banyak pelanggan, makanan yang akan dijual malah tak dilirik masyarakat atau followers.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya makanan terlihat menarik di Instagram. Food blogger @bandungfoodsociety Tania Litani beberapa tips agar makanan yang dijual membuat ngiler saat melihatnya. 

Baca Juga: Keren, 3 Pengusaha Milenial Ini Ubah Ancaman Covid-19 Jadi Keuntungan Berlipat-lipat

Tania menjelaskan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan dan tergantung makanan apa yang akan di foto. Misalnya, produk makanan seperti mie atau mozzarella, biasanya sebelum foto akan ditarik agar terlihat menarik dan menggiurkan.

Kemudian tempat yang digunakan terlihat menarik. Misalnya, mengisi kuali tersebut dengan tiga porsi mie atau dua porsi mie supaya terlihat penuh. Sebab jika hanya satu porsi mie, kuali akan terlihat kosong dan tidak menggugah nafsu makan yang melihatnya.

Jangan lupa juga untuk memberi tahu pada caption, jika mie yang ada di dalam kuali bukan satu porsi. Hal tersebut untuk menghindari anggapan jika foto tersebut menipu.

Baca Juga: Miliki Bos Lebih Muda, Hadapi dengan 6 Cara Ini

"Sebetulnya yang banyak ditarik. Kayanya misalnya di kuali., biasanya kuali gede, misalnya di videoin masaknya kalau masaknya satu porsi berbanding terbalik banget. Gimana caranya harus bikinnya semenarik gimana di video itu supaya pi kabitaeun (kepengen) gimana kalau isi tiga porsi biar orang pi kabitaeun (kepengen). Jadi iya harus dibikin penuh," dalam acara live Instagram, , Rabu (22/7/2020).

Sementara itu, jika makanan yang akan direview nasi atau bubur, maka sendoknya harus diangkat agar terlihat nasi dan buburnya. Agar tidak flat karena hanya berwarna putih, biasanya juga bisa menambahkan sambal agar terlihat berwarna.

"Biasanya diangkat jadi ada di sendok. Kalau bubur lebih susah lagi harus di atas sendoknya harus di daging. Kalau aku cobain sambel itu merah gitu biar orang suka kepengen," jelasnya

Jika ada toppingnya, maka seluruh toppingnya harus di perlihatkan dan tidak boleh ada yang tertutup satu sama lain. Hal ini untuk menambah selera makan yang melihat foto terebut.

"Sayang banget kan kalau lima topping tapi dua topping ketutup sama yang lain," ucap Tania

Tania menambahkan, yang perlu diingat dan menjadi perhatian juga adalah mengenai pencahayaan. Khususnya jika tempat tersebut gelap, maka perlu ada tambahan lampu agar saat foto bisa terlihat terang dan menarik.

"Yang penting lagi lighting karena pengaruh banget. Kalau foto di tempat berat pengaruh banget. Jadi lighting pengaruh banget. Misalnya ada daging telur. Kelihatan menarik keliatan semuanya begitu yang harus kita perhatiin," kata Tania.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini