Investor Ini Akan Cocok dengan Indeks IDX Quality 30, Apa Itu?

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 278 2254178 investor-ini-akan-cocok-dengan-indeks-idx-quality-30-apa-itu-j69gO5Mlbf.jpg BEI Luncurkan IDX Quality 30. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) segera meluncurkan factor index baru, yaitu IDX Quality30. Adapun metode penghitungan Indeks IDX Quality30 akan menggunakan metode Capped Free-Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pihaknya berharap factor index ini disambut baik oleh para investor yang mana indeks ini akan menjadi acuan dalam berinvestasi.

"Ini akan menjadi acuan benchmark berikutnya untuk mengukur kinerja portofolio investasinya, karena IDX Quality30 sebetulnya bisa sangat sesuai bagi para investor yang menganut paradigma atau metode value investing," ujar Hasan dalam video conference, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Indeks IDX Quality 30 pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Hasan menambahkan, untuk para by side investasi, pihaknya berharap dengan adanya IDX Quality30 bisa disambut dengan baik dengan menerbitkan produk-produk baru.

"Melihat kemungkinkan menerbitkan produk produk baru berdasarkan indeks baru, misalnya ITF baru, fund baru atau produk turunan lain," kata dia.

Dia menuturkan, IDX Quality30 adalah index factor yang dibuat untuk melengkapi factor index yang sebelumnya telah diterbitkan. Perbedaan secara umum dapat dilihat dari kinerja perusahaan-perusahaan tercatat secara historis relatif dari aspek-aspek profitabilitas yang cukup tinggi, solvabilitas cukup baik dan kita lihat pertumbuhan laba yang stabil.

Baca Juga: Daftar Saham-Saham Penghuni Baru di Indeks LQ45 dan IDX30, Cek Ya

"Secara spesifik beberapa rasio yang kita terapkan untuk menyeleksi saham saham dimaksud untuk bisa masuk ke konstituen 30 index di IDXQuality30 adalah rasio RoE return on equity, kemudian rasio depth to equitynya Der dan earning variabelity nya," ucapnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini