Jangan Sampai Tertipu Perencana Keuangan Bodong, Kuncinya di Kontrak

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 320 2253877 jangan-sampai-tertipu-perencana-keuangan-bodong-kuncinya-di-kontrak-vuFu7rJIh2.jpg Penipuan investasi (Shutterstock)

JAKARTA - Kasus yang terjadi pada nasabah Jouska Indonesia harus menjadi pelajaran bagi masyarakat. Jangan sampai keinginan untuk untung justru malah berakibat buntung.

Lantas bagaimana sih agar kasus yang terjadi pada nasabah Jouska tidak dirasakan atau terulang lagi di nasabah lainnya. Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, langkah penting harus yang dilakukan adalah harus memahami terlebih dahulu kontrak perjanjian antara nasabah dengan perencana keuangan. Apakah dalam kontrak kerjasama tersebut pihak ketiga hanya menjadi pemberi saran atau juga mendapatkan tugas untuk mengelola.

Baca juga: Jouska Diminta Selesaikan Kasus dengan Nasabahnya

"Kalau aku melihatnya pertama kita pahami dulu kontraknya seperti apa. Kontrak kerjasama dengan pihak ketiga kan pasti ini kita lagi bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengelola dana kita," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (29/7/2020).

Jika pihak ketiga tersebut diperbolehkan untuk mengelola juga harus diperhatikan secara rinci. Tujuannya untuk mengetahui dana tersebut dialihkan atau diinvestasikan ke mana saja.

Baca juga: Hati-Hati Modus Penipuan Investasi Saham yang Harus Diketahui

"Pihak ketiga yang kemudian mengalokasikannya ke mana sekalian juga jasa konsultasi yang diberikan. Nah kita pelajari dan pahami lebih mendalam kontraknya seperti apa. Apakah kontraknya hanya konsultasi saja memberikan rekomendasi atau memang boleh sampai menjalankan untuk mengelola dana," jelasnya.

Menurut Andi, jika nantinya dana tersebut tidak dimasukan ke dalam investasi yang sesuai kontrak atau yang diinginkan ada baiknya melapor. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan kerugian yang lebih besar.

"Kalau memang sudah menyimpang ditegur dalam tanda kutip," kata Andi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini