Vaksin Corona Ditemukan, Ekonomi Global Bisa Kembali Pulih dari Resesi

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 20 2256661 vaksin-corona-ditemukan-ekonomi-global-bisa-kembali-pulih-dari-resesi-jPeaa6l6bK.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sektor perekonomian hampir di seluruh negara menjadi salah satu bagian yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Sampai saat ini pun belum ada negara yang menemukan vaksin yang disebut dapat menghentikan penyebaran virus corona.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut, sulit meramalkan kapan perekonomian akan kembali pulih seperti sedia kala. Menurutnya, kunci dari pemulihan ekonomi adalah ditemukannya vaksin virus corona.

Baca Juga: Tutupi Kebangkrutan, JCPenney Sewakan dan Jual 163 Toko

"Jadi, kalau vaksin sudah ditemukan saya kira semua akan kembali seperti sedia kala dan perlombaan untuk mendapatkan vaksin semakin tinggi, semua negara sudah mengklaim, sudah melakukan hal-hal berdekatan dengan produksi, seperti Amerika Serikat yang ingin segera memproduksi vaksin di akhir tahun," ujar Suharso dalam Online Talkshow #BaliBangkit: “Pemulihan Ekonomi dan Sosial untuk Revitalisasi Bali”, Selasa (4/8/2020).

Dia menambahkan, selain Amerika Serikat, Inggris, China, Jepang dan Indonesia juga sedang berusaha untuk menciptakan vaksin corona. Bahkan, di Tanah Air beberapa kelompok seperti LBM Eijkman, Biofarma dan Universitas Airlangga yang sedang berusaha untuk mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Singapura hingga Jerman Resesi Selama Corona, Ini 4 Faktanya

"Mudah-mudahan bisa kita peroleh, paling tidak tahun depan kita sudah punya vaksin dan pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk pembelian vaksin untuk melakukan penyuntikan vaksin secara massal mulai tahun depan," ucap Suharso.

"Mudah-mudah semua bisa sesuai harapan kita dan rebound ini segera karena kalau tidak kita kasihan dengan mereka yang hidup sangat bergantung dengan pariwisata," sambungnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini